cara terapi hemiplegia/ badan mati separuh

Teman guru mengalami gangguan tubuhnya didak bisa digerakkan separuh tubuhnya. 
Ternyata kakak saya juga mengalami, bangun tidur ternyata tidak bisa digerakkan. 
Kejadian ini terjadi pada 29 Juni 2024, hari sabtu pahing, sekitar jam 10an.
Untuk itu kami bagikan cara terapi hemiplegia / badan mati separuh. 

Jenis hemiplegia
Berikut ini adalah gangguan gerak yang dapat menyebabkan gejala hemiplegia.
1. Hemiplegia wajah
Orang dengan hemiplegia wajah mengalami kelumpuhan otot di satu sisi wajah mereka. Hemiplegia wajah juga bisa disertai dengan sedikit hemiplegia di tempat lain di tubuh.

2. Hemiplegia tulang belakang
Hemiplegia tulang belakang juga disebut sebagai sindrom Brown-Sequard.

Ini melibatkan kerusakan pada satu sisi sumsum tulang belakang yang mengakibatkan kelumpuhan pada sisi tubuh yang sama dengan cedera.
Ini juga menyebabkan hilangnya rasa sakit dan sensasi suhu di sisi berlawanan dari tubuh.

3. Hemiplegia kontralateral
Ini mengacu pada kelumpuhan di sisi berlawanan dari tubuh tempat kerusakan otak terjadi.

4. Hemiplegia kejang
Ini adalah jenis cerebral palsy yang umumnya menyerang satu sisi tubuh. Otot-otot di sisi yang terkena terus berkontraksi atau kejang.

5. Hemiplegia bergantian pada masa kanak-kanak
Hemiplegia masa kanak-kanak yang bergantian biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 18 bulan. Ini menyebabkan episode berulang dari hemiplegia yang mempengaruhi satu atau kedua sisi tubuh.

Pengobatan hemiplegia
Pilihan pengobatan untuk hemiplegia tergantung pada penyebab hemiplegia dan tingkat keparahan gejala.

Orang dengan hemiplegia sering menjalani rehabilitasi multidisiplin yang melibatkan terapis fisik, terapis rehabilitasi, dan profesional kesehatan mental.

Fisioterapi
Bekerja dengan fisioterapis memungkinkan penderita hemiplegia untuk mengembangkan kemampuan keseimbangan, membangun kekuatan, dan mengoordinasikan gerakan.

Seorang fisioterapis juga dapat membantu meregangkan otot yang tegang dan kejang.

Terapi gerakan
Terapi gerakan yang diinduksi oleh kendala yang dimodifikasi melibatkan pengendalian sisi tubuh Anda yang tidak terpengaruh oleh hemiplegia.
Pilihan perawatan ini memaksa sisi lemah Anda untuk mengimbangi dan bertujuan untuk meningkatkan kontrol dan mobilitas otot Anda.

Satu studi kecil yang diterbitkan pada 2018 menyimpulkan bahwa memasukkan modifikasi terapi gerakan yang diinduksi oleh kendala (mCIMT) dalam rehabilitasi stroke mungkin lebih efektif daripada terapi tradisional saja.

Perangkat bantu
Beberapa ahli terapi fisik mungkin merekomendasikan penggunaan tongkat, kursi roda, atau alat bantu jalan. Menggunakan alat bantu dapat membantu meningkatkan kontrol dan mobilitas otot.

Sebaiknya konsultasikan dengan profesional perawatan kesehatan untuk menemukan perangkat yang terbaik untuk Anda.

Mereka mungkin juga merekomendasikan modifikasi yang dapat Anda lakukan pada rumah Anda seperti dudukan toilet yang ditinggikan, hingga pegangan tangan.

Stimulasi listrik
Seorang profesional medis dapat membantu merangsang gerakan otot dengan menggunakan bantalan listrik.

Listrik memungkinkan otot-otot yang tidak dapat Anda gerakkan secara sadar untuk berkontraksi. Stimulasi listrik bertujuan untuk mengurangi ketidakseimbangan di sisi otak yang terkena dan meningkatkan plastisitas otak.

Apakah hemiplegia permanen?

Hemiplegia adalah kondisi permanen dan belum ada obatnya untuk saat ini. Ini dikenal sebagai penyakit non-progresif karena gejalanya tidak bertambah buruk dari waktu ke waktu.

Seseorang dengan hemiplegia yang menjalani program pengobatan yang efektif mungkin dapat memperbaiki gejala hemiplegia mereka dari waktu ke waktu. Orang dengan hemiplegia seringkali dapat hidup mandiri dan aktif dengan menggunakan alat bantu mobilitas.

(agn/agn)

 https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210118150822-255-595195/hemiplegia-atau-lumpuh-sebelah-gejala-dan-pengobatan/2.

Komentar