Cara mengagungkan ilmu, guru, dan Ahlinya !Taklim Muta'alim 1445-09 Pengabdian total pada guru

Taklim Muta'alim 1445 H
Fasal 4
Pertemuan 09

Cara mengagungkan ilmu, guru, dan Ahlinya !Taklim Muta'alim 1445-09 Pengabdian total pada guru

Cara mengagungkan guru

Pengabdian total Imam Fahrudin

Alqodhi Fahrudin berkata juga: sesungguhnya saya seperti ini, berkedudukan tinggi, karena menghormati guruku. 
Sesungguhnya perlakuan saya pada guru, Abi Yazid Addabusi: Aku selalu melayani beliau, memasak makanannya, dan aku tidak pernah ikut makan bersamanya. 

Kisah imam Halwani dengan imam Abu Bakar. 
Imam Halwani pergi dari Buhoro menuju dan bermukin di sebuah desa, karena ada masalah yang perlu dia selesaikan. 
Semua santri berkunjung padanya, kecuali Abu Bakar. Ketika bertemu Abu Bakar, beliau bertanya: Mengapa tidak berkunjung padaku? Dia menjawab: Maaf, saya sibuk mengurusi ibuku. 
Beliau gurunya berkata: semoga panjang umur, namun tidak akan mengalami ketenangan dalam mengaji. 
Kenyataan! kata-kata guru tersebut terjadi. Abu Bakar tinggal di desanya, sepanjang waktu. 


Karena hal tersebut, orang yang menyakiti hati guru saja, akan menjadi halangan untuk keberkahan dalam belajar, apalagi keberkahan ilmunya tidak mungkin ada. Kalau pun ada itu sangat kecil. 
Penyair mengatakan:
Sesungguhnya guru dan dokter keduanya # tidak akan menasehati kecuali bila dimuliakan
Maka rasakan penyakitmu jika kamu membangkang pada dokter # dan terimalah kebodohanmu bila kamu membangkang guru. 







Komentar