Cara mengagungkan ilmu, guru, dan Ahlinya !Taklim Muta'alim 1445-11 Tata cara menghormati teman


Taklim Muta'alim 1445 H
Fasal 4
Pertemuan 11

Cara mengagungkan ilmu, guru, dan Ahlinya !Taklim Muta'alim 1445-11 Tata cara menghormati teman


Cerita kyai ahli fiqih
Guru kami kyai Burhanuddin bercerita: ada ahli fiqih meletakkan wadah tinta di atas kitabnya, lalu beliau berkata: Anda tidak akan memperoleh manfaat dari ilmumu. 


Kyai Qodhikhan berkata: Jika meletakkan wadah mangsi itu bermaksud tidak berniat untuk meremehkan kitab tersebut, maka tidak apa-apa, tetapi sebaiknya di taruh di tempat lain.
 


Cerita Abu Hanifah
Cara membuat tulisan/catatan:
Santri harus bagus dalam menulis kitabnya. 
Tulisan harus jelas. 
Tulisan Tidak terlalu kecil, sehingga sulit untuk dibaca. 



Imam Muhammad Majduddin Shorhaki berkata:
Apa yang telah aku lakukan hendaklah menjadi pengingat kalian semua. 
Aku terlalu kecil dalam menulis, ternyata itu merugikan saya pada waktu tuaku. 
Aku membuat kesimpulan yang ringkas juga membuat saya kurang paham disaat saya membacanya lagi. 
Aku tidak memberi pinggiran kosong sedikit, juga membuatku kerepotan saat mau menambah penjelasan baru. 






Komentar