SMP ASSA’ADAH
KISI-KISI PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMP 6. Kurikulum Acuan : K13
2. Mata Pelajaran : AIDAH AKHLAQ 7. Alokasi Waktu : 60’
3. Jenis Ulangan : Penilaian Ahir Semester 8. Jumlah Soal : 40
4. Kelas/Semester : 8/Ganjil 8.1 Obyektif :35 8.2 Uraian : 5
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
BOBOT SOAL |
1 |
3.1. Mernahami hakikat beriman kepada Kitab-Kitab Allah SWT. |
PengertianimankepadaKitab-kitab Allah SWT |
Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab Allah |
Objektif |
1 |
2 |
|
|
Macam-macamkitab-kitab Allah danrasul yang menerimanya |
Menyebutkan kitab samawi yang masih asli |
Objektif |
2 |
2 |
|
|
Al Quran sebagaikitabsuciumat Islam |
Menjelaskan pengertian kitab
|
Objektif |
3 |
2 |
|
|
Shuhuf |
Menjelaskan pengertian shuhuf |
Objektif |
4 |
2 |
|
|
Fungsi beriman kepada kitab allah |
Menyebutkan funngi beriman kepada kitab Allah |
Objektif |
5 |
2 |
|
|
Fungsi beriman kepada kitab allah |
Menyebutkan funngi beriman kepada kitab-kitab Allah |
Objektif |
6 |
2 |
|
|
· Tadarus al-Qur'an · Perilaku yang sesuaidenganajaran al-Qur'an |
Menjelaskan pengertian al-quran
|
Objektif |
7 |
2 |
|
|
· |
Menyebutkan nama lain al quran |
Objektif |
8 |
2 |
|
|
· |
Menjelaskan kata al quan |
Objektif |
9 |
2 |
|
|
· |
Menjelaskan maksud kitab-kitab Allah |
Objektif |
10 |
2 |
2 |
3.2. Memahami pengertian, contoh dan dampak
positif sifat tawakkal, ikhtiyaar, shabar, |
PengertianTawakkal,
Ikhtiyar, Sabar, Syukur, · |
Menjelaskan pengertian sabar
|
Objektif |
11 |
2 |
|
|
Dalil sabar |
Menyebutkan dalil sabar |
Objektif |
12 |
2 |
|
|
· PembiasaanperilakuTawakkal, Ikhtiyar, Sabar, Syukur,Adil Dan Qona’ah · ManfaatberperilakuTawakkal, Ikhtiyar, Sabar, Syukur,Adil Dan Qona’ah dalam kehidupan |
Menyebutkan perilaku tawakkal
|
Objektif |
13 |
2 |
|
|
· sifat membelanjakan uang sesuai kebutuhan, merupakan ciri anak qona’a |
Mengidentifikasi karakter qona’ah
|
Objektif |
14 |
2 |
|
|
· menempatkan sesuatu pada kedudukan yang sebenarnya dengan tidak menambah atau mengurangi, disebut adil |
Menjelaskan pengertian adil
|
Objektif |
15 |
2 |
|
|
· |
Menyebutkan dalil ikhtiar |
Objektif |
16 |
2 |
|
|
· |
Menjelaskan pengertian sabar |
Objektif |
17 |
2 |
|
|
· |
Mengidentifikasi perilaku bersyukur |
Objektif |
18 |
2 |
|
|
· |
Mengidentifikasi perilaku qonaah |
Objektif |
19 |
2 |
|
|
· |
Menjelaskan pengertian qonaah |
Objektif |
20 |
2 |
|
|
· |
Mengidentifikasi sifat-sifat qonaah |
Objektif |
21 |
2 |
|
|
· |
Mengidentifikasi sikap ikhtiyar |
Objektif |
22 |
2 |
|
|
· |
Mengidentifikasi perilaku tawakkal |
Objektif |
23 |
2 |
3 |
3.3. Memahami pengertian, contoh dan dampak negatif sifat Ananiyah, Putus Asa, Ghodhab, Tamak, Pertengkaran, Minuman Keras, Judi. |
· Pengertian Minuman Keras
|
Menyebutkan pengertian minuman keras
|
Objektifx |
24 |
2 |
|
|
Penyelesaian masalah pribadi |
Menyebutkan cara mengaasi pertengkaran dengan teman |
Objektifx |
25 |
2 |
|
|
Hasad |
Menyebutkan cara meninggalkan hasad |
Objektif |
26 |
2 |
|
|
|
Mengidentifikasi prilaku ghadab |
Objektif |
27 |
2 |
|
|
|
Menyebutkan dalil pututs asah |
|
28 |
2 |
4 |
3.4. Memahami Adab kepada kepada orang tua dan guru. |
Akhlaq terhadan orang tua
|
Menyebutkan sikap kita pada orang tua
|
Objektif |
29 |
2 |
|
|
Akhlaq terhadan orang tua |
Menyebutkan cinta orang tua pda anak |
Objektif |
30 |
2 |
|
|
Akhlaq terhadan orang tua |
Menyebutkan sikap kita pada orang tua |
Objektif |
31 |
2 |
|
|
|
Menyebutkan langkah penyelesaian masalah peribadi |
Objektif |
32 |
2 |
|
|
|
Menyebutkan adad kepada guru |
Objektif |
33 |
2 |
|
|
|
Mengidentifikasi dalil adab terhadap orang tua |
Objektif |
34 |
2 |
|
|
|
Menjelaskan kandungan dalil adab terhadap orang tua |
Objektif |
35 |
2 |
5 |
3.1 |
pengertian iman kepada Kitab Allah SWT. |
Menjelaskan pengertian iman kepada Kitab Allah SWT. |
Essai |
1 |
6 |
6 |
3.1 |
Hikmah beriman kepada Kitab Allah SWT. |
Menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab Allah SWT. |
Essai |
2 |
6 |
7 |
3.2 |
Dalil tetang qonaah |
Menyebutkan dalil qonaah |
Essai |
3 |
6 |
8 |
3.3 |
Bahaya tamak |
Menyebutkan bahaya tamak |
Essai |
4 |
6 |
9 |
3.5 |
Keteladanan nabi Musa as |
Menyebutkan kunci sukses nabi Musa |
Essai |
5 |
6 |
Gresik, 16 Nopember 2023
ABD. RAHMAN
Komentar
Posting Komentar