SMP ASSA’ADAH
KISI-KISI PENULISAN SOAL
1. Satuan Pendidikan : SMP 6. Kurikulum Acuan : K13
2. Mata Pelajaran : AIDAH AKHLAQ 7. Alokasi Waktu : 60’
3. Jenis Ulangan : Penilaian Ahir Semester 8. Jumlah Soal : 40
4. Kelas/Semester : 9/Ganjil 8.1 Obyektif 35
: 8.2 Uraian : 5
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
JENIS SOAL |
NOMOR SOAL |
BOBOT SOAL |
1 |
3.1. Memahami pengertian beriman kepada hari akhir, dalil/ buktinya, serta tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan Hari Akhir tersebut |
Pengertian beriman kepada hari akhir (bahasa, istilah)
|
Menjelaskan arti beriman kepada hari akhir
|
Objektif |
1 |
2 |
2 |
|
Al-qoriah:1-5, al-qoshos:88 |
Menyebutkan arti dalil yang terkait beriman hari akhir |
Objektif |
2 |
2 |
3 |
|
Al-Hajj:7, Al-Zalzalah:1-6,
|
Menyebutkan arti dalil yang terkait beriman hari akhir |
Objektif |
3 |
2 |
4 |
|
Tanda-tanda qiamat |
Menyebutkan tanda-tanda kiamat kubro |
Objektif |
4 |
2 |
5 |
|
Fungsi beriman hari akhir |
Menyebutkan fungsi beriman pada hari akhir |
Objektif |
5 |
2 |
6 |
3.2. Memahami macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir (‘alam barzah, yaumul ba’s, yaumul hisaab,yaumul miizaan,yaumul jazaa) |
Hidup didunia setelahnya alam barzah
|
Menjelaskan fase setelah hidup di dunia
|
Objektif |
6 |
2 |
7 |
|
Pengertian yaumun hasr |
Menjelaskan pengertian yaumul baats |
Objektif |
7 |
2 |
8 |
|
Pengertian yaumun hasr |
Menjelaskan pengertian yaumul hasyr |
Objektif |
8 |
2 |
9 |
|
Neraca amal baik dan buruk : mizan. |
Menjelaskan pengertian mizan |
Objektif |
9 |
2 |
10 |
|
Shirat: titihan penyeberangan ke surga |
Menyebutkan yang selamat dalam shirat
|
Objektif |
10 |
2 |
|
|
|
Menyebtkan tanda kiamat sughro |
Objektif |
11 |
|
|
|
|
Menyebutkan peristiwa yang terkait hari akhir |
Objektif |
12 |
|
|
|
|
Menjelaskan yaumul hasrah |
Objektif |
13 |
|
|
|
|
Menjelaskan yaumul mahsar |
Objektif |
14 |
|
|
|
|
Menjelaskan tentang mizan |
Objektif |
15 |
|
11 |
3.3.Memahami pengertian, contoh dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan. |
Pengertian orang berilmu = orang yang banyak pengalaman |
Menjelaskan arti berilmu
|
Objektif |
16 |
2 |
12 |
|
Arti ilmu agama adalah menunjukkan kebenaran hidup |
Menjelaskan pentingnya ilmu agama
|
Objektif |
17 |
2 |
13 |
|
Kerja keras: mengerjakan sesuatu, tidak pernah menyerah dalam bekerja |
Menjelaskan pengertian kerja keras
|
Objektif |
18 |
2 |
14 |
|
Kerjakeras dan usaha menusia disertahi pertolongan Allah |
Menjelaskan hubungan kerja keras dengan usaha manusia
|
Objektif |
19 |
2 |
15 |
|
Kreatif: banyak ide dan mencipta hal baru. |
Menjelaskan arti kreatif
|
Objektif |
20 |
2 |
16 |
|
Contoh produktif kain bekas menjadi bros yang cantik dan dijual |
Membuat contoh orang produktif
|
Objektif |
21 |
2 |
|
|
|
Mengidentifikasi maksud dari sebuah ayat al qur’an |
Objektif |
22 |
|
|
|
|
Mengidentifikasi fenomena tentang kerja keras |
Objektif |
23 |
|
|
|
|
Mengidentifikasi fenomena tentang inovatif |
Objektif |
24 |
|
|
|
|
Mengidentifikasi fenomena tentang produktif |
Objektif |
25 |
|
17 |
3.4 Memahami Adab islami kepada sesama tetangga |
Akhlaq bertetangga rendah hati (mulai menyapa)
|
Menyebutkan tanda-tanda akhlaq bertetangga |
Objektif |
26 |
2 |
18 |
|
Bersimpatik dengan tetangga dengan bersikap toleran, lemah lembut |
Menyebutkan cara hubungan dengan tetangga
|
Objektif |
27 |
2 |
|
3.5. |
|
Menyebutkan makna saudara |
Objektif |
28 |
|
|
3.6. |
|
Menjelaskan dalil tetamgga |
Objektif |
29 |
|
|
3.7. |
|
Menyebutkan batasan tetangga |
Objektif |
30 |
|
|
3.8. |
|
Mengidentifikasi akhlaq bertetangga |
Objektif |
31 |
|
|
3.9. |
|
Menunjukkan fenomena bertetangga |
Objektif |
32 |
|
|
3.10. |
|
Mengidentifikasi hikmah bertetangga |
Objektif |
33 |
|
19 |
3.11. Menganalisis kisah Shahabat Umar bin Khattab ra |
Saidina umar mendahulukan orang yang berhak |
Menyebutkan keteladanan saidina umar
|
Objektif |
34 |
2 |
20 |
|
Kesederhanaan saidina umar dalam hidup menjadi contoh kita. |
Contoh sikap saidina umar
|
Objektif |
35 |
2 |
21 |
3.1 |
hikmah beriman kepada hari kiamat |
Menjelaskan hikmah beriman kepada hari kiamat |
Essai |
1 |
6 |
22 |
3.2 |
yaumul Ba’ats, yaumul Mahsyar/jami’, yaumul mizan dan yaumud hisab |
Menjelaskan yaumul Ba’ats, yaumul Mahsyar/jami’, yaumul mizan dan yaumud hisab |
Essai |
2 |
6 |
23 |
3.3 |
kerja keras, kreatif, produktif |
Menjelaskan kerja keras, kreatif, produktif |
Essai |
3 |
6 |
24 |
3.3 |
Dalil kerja keras, kreatif, produktif |
Menyebutkan dalil kerja keras, kreatif, produktif |
Essai |
4 |
6 |
25 |
3.5 |
Keteladanan Umar |
Menyebutkan keteladanan umar |
Essai |
5 |
6 |
Gresik, 16 Nopember 2023
ABD. RAHMAN
Komentar
Posting Komentar