Pengertian Agenda guru harian, fungsi dan kegunaannya.

Pengertian Agenda guru harian, fungsi dan kegunaannya. 

Salah satu administrasi guru yang harus di penuhi oleh guru dalam mengerjakan administrasi adalah agenda guru. 

Lantas apa itu Agenda harian guru?
Pengertian agenda adalah berupa catatan yang digunakan untuk mencatat atau menyusun jadwal yang akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Catatan tersebut dilakukan setiap hari. Pelaku atau pencatatan oleh guru. 

Sedangkan istilah agenda dalam KBBI merupakan buku catatan yang bertanggal untuk satu tahun atau catatan-catatan yang akan dibicarakan ke dalam rapat. Secara garis besar agenda dapat menentukan topik apa saja yang akan dibahas.

Dengan adanya agenda, Anda dapat dengan mudah menyusun rencana kegiatan secara detail dan terstruktur agar semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Kenapa Agenda guru Penting?
Sebagai guru atau wali kelas, Anda pasti pernah menghadapi masalah terkait pembelajaran atau bagaimana menyelesaikan semua materi pelajaran tepat waktu dan murid paham dengan materi yang diajarkan.

Hal tersebut banyak dirasakan oleh setiap guru lainnya, maka dari itu setiap guru harus menyusun agenda harian agar proses belajar mengajar berjalan lancar.

Selain itu, agenda dianggap penting karena sebagai acuan untuk mengatur waktu, menentukan target yang ingin dicapai, mengetahui proses pemahaman peserta didik, dan yang terpenting agenda berfungsi sebagai ingatan ganda ketika lupa dengan kegiatan yang akan dilakukan.

Fungsi Agenda Harian Guru
Apa itu agenda harian guru? Agenda guru adalah catatan atau dokumen rencana kegiatan pembelajaran yang berisikan semua materi pelajaran serta komponen-komponen lainnya yang akan digunakan sebagai salah satu indikator penilaian akhir. Jurnal guru meliputi hal-hal terkait materi di kelas. Agenda meliputi peristiwa yang terjadi dalamndannaelama pembelajaran. 

Di dalam Kurikulum Merdeka, agenda harian guru  masuk dalam lingkup administrasi yang melengkapi perangkat pembelajaran guru. Fungsi agenda di sini sebagai arahan atau pedoman yang harus dilakukan setiap harinya.

Sedangkan fungsi agenda guru harian di Kurikulum 2013 sebagai catatan dan dokumentasi semua proses belajar mengajar sehingga memudahkan guru menganalisis apabila ada masalah dalam pembelajaran.

Selain itu, fungsi jurnal harian guru jadi bagian proses administrasi yang harus dijalankan oleh guru dalam bentuk catatan pribadi apabila menggunakan cara pengajaran dengan model tertentu serta catatan untuk murid yang kedepannya dapat dijadikan sebagai hasil evaluasi kerja.

Komentar