Soal Ulangan Harian: Al Qur'an dan Keistimewaannya

Soal Ulangan Harian
Kelas 8
bab: 1
Judul:  Al Qur'an dan Keistimewaannya

1. Jelaskan pengertian al-Qur’an secara bahasa dan istilah ! 
Pembahasan:
Al-Qur’an menurut bahasa berasal dari kata Qara’a-Yaqra’u- Qur’anan artinya : bacaan atau yang dibaca.
Adapun menurut istilah, al-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw.sebagai mukjizatnya dan bagi yang membacanya merupakan ibadah.

2. Al-Qur’an diturunkan dalam dua periode, jelaskan ! 
Pembahasan:
Para ulama 'Ulum Al-Qur’an membagi sejarah turunnya Al-Qur’an dalam dua periode: (1) Periode sebelum hijrah; dan (2) Periode sesudah hijrah.
Periode Makkiyah (periode makkah), yaitu ayat Al-Qur’an yang turun sebelum Nabi Muhammad Saw. melakukan hijrah ke madinah. Berjumlah 86 Surah, diturunkan selama 12 tahun 5 bulan.
Periode Madaniyyah (periode Madinah) yaitu ayat Al-Qur’an yang turun sesudah Nabi Muhammad Saw. melakukan hijrah ke madinah. Berjumlah 28 Surah. Turun selama 9 tahun 9 bulan. 

3. Perhatikan ayat berikut! ُُُُُُُُُُُُُُُُُ
إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا ٱلذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ
Jelaskan maksud kandungan ayat di atas! Kemudian hubungkan dengan salah satu keistimewaan al-Qur’an! 
Pembahasan:
Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur’an, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” (QS. Al-Hijr [15]:9)
Selama empat belas abad lebih kitab suci al-Qur’an tidak mengalami perubahan sedikitpun, baik tulisan maupun isi kandungannya. Keaslian al-Qur’an ini karena Allah SWT sendiri yang menjamin dan menjaga keasliannya sesuai dengan firman Allah diatas

4. Bagaimana keterkaitan isi pokok kandungan Al-Qur’an, atau ayat tentang nama-nama lain Al-Qur’an dengan keistimewaan dari kitab suci al-Qur’an itu sendiri? 
Pembahasan:
Salah satu kelebihan ajaran al-Qur’an dibandingkan dengan kitab suci yang lainnya adalah isi kandungannya lengkap, sesuai dengan perkembangan zaman dan menjawab seluruh problematika kehidupan manusia di berbagai tempat dan zaman.
Dari penelitian yang telah di lakukan menunjukkan bahwa lebih dari 60% ayat-ayat al-Qur’an membicarakan alam semesta, sedangkan 40% lainnya membicarakan tentang akidah, ibadah, hukum, muamalah, tarikh, akhlak dan kisah teladan. Hal ini menunjukkan bahwa al-Qur’an sesuai dengan kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini. 
5. Berilah contoh perilaku yang mencerminkan beriman kepada al-Qur’an! 
Pembahasan:
Senantiasa membaca al-quran
Mengamalkan isi kandungan al-quran
Menjadikan al-quran sebagai landasan utama pengambilan hukum
Belajar dengan sungguh-sungguh sebagai bagian dari pengamalan al-quran
menghormati orangtua, guru dan teman sebagai bentuk pengamalan al-quran

Komentar