Khutbah Jum'at: Amalan Setelah Nisfu Sya’ban

 

Amalan Setelah Nisfu Sya’ban

1444 H, Sya’ban/ di Masjid Al Amal Kec. Bungah

Oleh: Abd. Rahman

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا.

وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ الْمُنَـزَّهُ عَنِ الْجِسْمِيَّةِ وَالْجِهَةِ وَالزَّمَانِ وَالْمَكَانِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّــدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ كَانَ خُلُقَهُ الْقُرْآنُ،

وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى مُحَمَّدٍ سَيِّدِ وَلَدِ عَدْنَانَ، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَتَابِعِيْهِ عَلَى مَرِّ الزَّمَانِ

 

أَمَّابَعْدُ؛: (٤)  فَيَا عِبَادَاللهِ أُوصِيْكـُمْ وَنَفـْسِى بِتـَقـْوَى اللهِ* فَاِنَّ التـَّقـْوَى خَيْرُ زَادِ* إلتـَّقـُوا الله حَقَّ تـُقـَاتِهِ وَ لاَ تَمُوْتـُنَّ إلاَّ وَ أنـْتـُمْ مُسْلِمُونَ.

قَالَ تَعَالَى:  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (الحج: ٧٧(

أيُّهَا الْحَضِيْرُونَ رَحِمَكُمُ الله ...

Monggo ketaqwaan kito tingkatkan Melalui perbayak membaca shalawat di bulan shalawat ini. Tinggalkan ngomong tanpa ada manfaat dan mari persiapkan diri untuk Ramadhan, semoga kita bisa berpuasa sempurna dan tambah sehat jasmani maupun rohani, begitu pula keluaga kita, amin.

Kita telah melewati peringatan malam nisfu sya’ban, dan kita ada dipertengahan bulan. Semoga doa kita, dan amal kita dilaporkan dalam keadaan baik, dan diridhoi Allah swt. amin.

Apa yang bisa kita lakukan menjelang puasa ini?

Ada cerita tentang sahabat nabi:

Bilal bin Abi Rabbah, kita sudah banyak mengetahui bagaimana Bilal, budak asal Afrika ini. Karena keimanan dia; Ahad ahad ahad, serba Allah. Disiksa pun bilang Ahad. Ketika punya kesempatan di Masjidil Haram di dekat Ka’bah ada beberapa patung, karena begitu kesal pada peranti-peranti kemusyrikan, patung-patung itu diludahi.

Tentu saja para pembesar orang-orang kafir itu marah,  “kamu berani meludahi Tuhanku”. Jawab Bilal, “Tuhan apa, itu batu. Selain Allah, tidak ada yang berhak menjadi Tuhan”.

Akhirnya, dia disiksa habis-habisan dan kemudian oleh Abu Bakar ditebus. Setelah ditebus lalu dimerdekakan, dinasehati oleh Abu Bakar, “kamu sebaiknya pulang saja ke negerimu. Daripada kamu disini membikin repot saja”. Apa jawab Bilal, “tidak, saya senang Bersama Rasul”.

Dari kehebatan komitmen semua serba Allah, apa penghargaan Rasul terhadap Bilal. Pada Fathu Makkah, Bilal disuruh naik Ka’bah kemudian azan. Dari segi posisi fisik, itu artinya yang paling atas adalah Allah, dibawah-Nya ada Bilal, dibawah kaki Bilal ada Ka’bah. Bayangkan, Baitullah diinjak, belum pernah ada sahabat yang diberi izin begitu. Mengumandangkan azan di zaman dulu belum ada speaker, jadi memakai alat seperti corong. Ketika mengucap hayya ‘ala as-Sholah, tengok ke kanan. Hayya ‘ala al-Falah, tengok ke kiri.

Itulah sekelumit amalan sahabat nabi, tidak memandang dari apa derajatnya, dari apa keturunannya. Kalau kita bisa ajek istiqomah maka Allah akan menjamin hidup kita.

Hal itu seperti firman Allah swt.

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (الحج: ٧٧(

Maknanya: “Wahai orang-orang yang beriman! Rukuklah, sujudlah, dan sembahlah Tuhanmu; dan berbuatlah kebaikan, agar kalian beruntung” (QS al-Hajj: 77)  

Dalam ayat ini, Allah subhanahu wa ta’ala memerintahkan orang-orang beriman untuk melakukan amal yang paling utama setelah iman, yaitu shalat. Allah memerintahkan orang-orang beriman agar mendekatkan diri  kepada Allah, seperti cerita Bilal tadi, dengan segala macam ibadah. Allah perintahkan mereka untuk  melakukan kebaikan, dan dengan itu mereka akan memperoleh keberuntungan di akhirat. Allah ta’ala telah menjadikan bagi hamba-hamba yang beriman pintu-pintu kebaikan yang banyak sebagai rahmat Allah terhadap mereka. Allah juga menjadikan ada waktu-waktu yang diberkahi agar di waktu-waktu tersebut seorang Muslim mencari bekal untuk akhiratnya.

Surat al-Hajj ayat 77 di atas adalah dalil umum bahwa kita dianjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan kapan pun dan di mana pun.

Masih ada hari mustajabah setelah malam nisfu sa’ban, yaitu malam jumat. Mari kita jaga dan kita berdoa di malam jum’at, semoga Allah mengabulkan doa-doa kita Amin.

Empun supe selalu baca shalawat untuk bahagia dunia akhirat dan bisa istiqomah dalam kebaikan terhindar dari kejahatan yang diciptakan. Amin ya robbal alamin.

yبَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ. 


 (١)الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الـْعَالـََمِيْنَ.  وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ.

(٢)أشْهـَدُ أنْ لاَإلَهَ إللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لـَهُ الْمالِكُ الْمُبِيْنُ* وَ أشْهـَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولـُهُ الصَّادِقُ الْوَعْدِ الاَمِيْنْ. (٣)صَلاَةً وَسَلاَمًا دَئِمَيْنِ مُتَلاَزِمَيْنِ عَلَى اَشْرَفِ الْمُرْسَلِيَْنَ،  سَيْدِنا مُحَمَّدٍ وَّ عَلَى آلِهِ وَاَصْحَابِهِ الطَّاهِرِيْنَ المُكَرَّمِيْنَ.

أمَّابَعْدُ: (٤)  فَيَا إخْوَانِى رَحِمَكُمُ اللهُ، أُوصِيْكـُمْ وَإيَّايَ بِتـَقـْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

وَقَالَ اللهُ تَعَال في كتابه الكريم : اعوذ باللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ, مَنْ يَتَّـقِ اللهَ يَجْعَـلْ لَهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقـْهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتـَسِـبُ, وَاَنَّ اللهَ اَمَرَكُـمْ بَدَأَ بِـنَفْـسِـهِ وَثـَنىَّ بـِمَلآئِكـَتِهِ بـِقـُدْسِهِ وَثـَلـَّثَ بِكـُمْ أيُّهَا الـْمُؤْمِـنُوْنَ. فَقَالَ عَزَّ مِنْ  قََائِلِ الكَرِيْمِ: إنَّ اللهَ وَمَلآئِكـَتـَهُ يُصَلـُّوْنَ عَلىَ النـَّبِى ياأيُّهَا الـَّذِيْنَ أمَنُوْا صَلـُّوا عَلـَيْهِ وَسَلـِّمُوْا تـَسْلـِمًا. اللَّهُمَّ صَـلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَ عَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابـِهِ وَالتـَّابـِعِيْنَ وَتـَابـِعِ التـَّابـِعِيْنَ لـَهُمْ بـِاءِحْسَانٍ إلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ. وَعَلـَيْنَا مِنْهُمْ وَمَعَهُمْ بـِرَحْمَتِكَ يَاأرْحَمَ الرَّاحـِمِيْنَ. آمِيْنَ يَارَبَّ الـْعَالـَمِيْنَ. اللـَّهُمَّ اغْفـِرْ لِلـْمُؤْمِـنِيْنَ وَالـْمُؤْمِـنـَاتْ وَالـْمُسْلِمِيْنَ وَالـْمُسْلِمَـاتْ الأحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأمْوَتِ, اللـَّهُمَّ أعِزَّ اْلإسْلاَمَ وَالـْمُسْلِمِيْنَ, وَاَهْلـِكِ الـْكـَفـَرَةَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ, وَلاَتـَجْعَلـْنَا تـَحْتَ أَقـْدَامِ اْلمُنَافِقِيْنَ الظَّالِمِيْنَ.  اللـَّهُمَّ انـْصُبْ فِى بِلادِنَا هَذَا إمَامًا عَادِلاً وَبِلاَدِ مُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إنَّكَ عَلَى كـُلِّ شَيْئٍ قـَدِيْرٌ, اللـَّهُمَّ ألـِّفْ بَيْنَ قـُلـُوْبِ الـْمُؤْمِـنِيْنَ, وَفـَرِّقْ جَمْعِيَةَ الـْكـُفـْرِالـْمُشْرِكِيْنَ بـِعِنَايَتِكَ وَرَحْمَتِكَ يَا أرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ  اللـَّهُمَّ ادْفـَعْ عَنـَّا الـْغَلاَءَ وَالـْوَبَاءَ وَالـْفـَحْشَاءَ وَالـْمًُنـْكـَرَ وَالـْبَغْيَ وَالسُّيُوْفَ الـْمُخْتـَلِفـَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالـْمِحَنَ مَاظـَهَرَ مِنـْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بـِلاَدِنَا هَذاَ خَاصَّةً, وَمِنْ بُلـْدَانِ مُسْلِمِيْنَ عَامَّةً, إنَّكَ عَلىَ كـُلِّ شَيْئٍ قـَدِيْرٌ, رَبَّنـَا إغْفِرْلـَنـَا وَ ِلإخْوَانِنَا الـَّذِيْنَ سَبَقـُوْنَ بـِااْلإيْمَانِ وَلاَتـَجْعَلْ فِى قـُلـُوْبـِنَاغِلاًّ للـَّذِيْنَ أمَنـُوْا رَبَّنـَا إنـَّكَ رَؤُفٌ رَّحِيْمٌ.

عِبَادَ اللهِ, إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِلـْعَدْلِ وَاْلإحْسَانِ وَإيْتـَاءِ ذِى الـْقـُرْبَى وَيَنـْهَى عَنِ الـْفـَحْشَاءِ وَالـْمُنـْكـَرِ وَالـْبَغِى يـَعِظُكُمْ لـَعَلـَّكـُمْ تـَذَكـَّرُوْنَ وَلـَذِكـْرُ اللهِ أكـْبَرْ.

 


Komentar