Makanan pantangan untuk Asam Aurat dan Kolesterol Tinggi

Makanan pantangan untuk Asam Aurat dan Kolesterol Tinggi

Kesehatan perlu dijaga agar tidak sakit. Sakit menyebabkan kita tidak bisa kerja. Penyakit Asam aurat dan Kolesterol tinggi bisa terjadi kalau kita tidak jaga makanan.

Misalnya: Asam aurat normal adalah 7, sedangkan saya waktu cek 8. Kolesterol normal adalah 200 sedangkan saya 249.

Untuk itu mari jaga makanan seperti berikut jangan berlebih.

Asam Urat Tinggi 
Makanan penyebab asam urat yang perlu dihindari:

1. Makanan laut
Penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut yang mengandung banyak purin, seperti kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, atau kepiting.

Jika ingin mengonsumsi makanan laut yang kaya akan nutrisi tetapi rendah purin, belut laut atau ikan gindara bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Daging merah
Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memang tingi protein. Namun, daging-daging ini tergolong sebagai makanan penyebab asam urat karena kadar purinnya yang tinggi.

Jika ingin menjaga kadar asam urat darah, Anda bisa mengganti daging merah dengan daging ayam atau sumber protein nabati, seperti kacang kedelai yang dapat ditemukan pada tempe dan tahu.

3. Daging unggas
Daging unggas, seperti ayam dan bebek, umumnya aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun, daging unggas lain, seperti daging kalkun dan angsa, tergolong tinggi kandungan purinnya.

4. Jeroan
Jeroan, seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam, juga termasuk salah satu makanan penyebab asam urat yang harus dihindari. Jeroan memiliki kadar purin yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan serangan gout akut jika dikonsumsi oleh orang yang sudah lama menderita penyakit asam urat.

5. Minuman manis dan alkohol
Minuman kemasan yang manis dan minuman bersoda juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Kebanyakan minuman ini mengandung fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat tubuh menjadi lebih banyak.

Minuman beralkohol, terutama bir, juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain mengandung banyak purin, bir juga memperlambat membuat proses pembuangan asam urat melalui urine.

6. Susu tinggi lemak
Makanan penyebab asam urat lainnya yang perlu dibatasi atau dihindari oleh penderita asam urat, yaitu susu tinggi lemak dan produk olahannya, seperti es krim dan keju. Namun, susu rendah lemak dan produk olahannya tetap dapat dinikmati oleh penderita asam urat.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan penyebab asam urat, disarankan untuk memerhatikan jumlah atau porsinya, terutama bila Anda memang sudah memiliki kadar asam urat yang cukup tinggi sebelumnya.

Ada cara lain mengurangi serangan asam urat dengan melakukan hal-hal berikut:

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
Menghindari kebiasaan merokok
Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan ideal
Memeriksakan kadar asam urat ke dokter secara rutin.

Jika Anda sering mengonsumsi makanan penyebab asam urat atau gejala penyakit asam urat yang Anda derita semakin sering kambuh, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter



Kolesterol 
Untuk itu, ketahui beberapa makanan pantangan kolesterol tinggi berikut ini.


1. Gorengan
Gorengan mengandung kalori dan lemak trans/lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Di mana kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Hal ini juga berlaku pada sayuran yang digoreng, seperti kol goreng. Itulah mengapa pengidap kolesterol tinggi disarankan untuk membatasi konsumsi gorengan. Sebagai alternatif, Anda dapat mengolah makanan dengan cara mengukus, merebus, atau memanggangnya agar lebih aman bagi kesehatan. 

2. Makanan Cepat Saji
Pantangan kolesterol tinggi selanjutnya adalah makanan cepat saji atau fast food. Apabila Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji.

Di samping mengandung kolesterol tinggi, makanan cepat saji juga memiliki kandungan lemak jenuh atau lemak trans, dan gula yang tinggi yang dapat memicu kolesterol serta masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kenaikan berat badan.

Lemak trans dalam makanan cepat saji berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan membuat kadar kolesterol baik menurun. Hal ini pun dapat menyebabkan seseorang berpotensi terkena diabetes tipe 2.

3. Jeroan
Jeroan adalah makanan yang kaya akan kandungan zat besi, sehingga bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Di sisi lain, pengidap kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang satu ini.

Jeroan atau daging organ dalam yang biasanya terdiri dari hati, paru, hingga jantung ini mengandung kadar kolesterol dan purin yang tinggi. Oleh karena itu penderita kolesterol dan asam urat disarankan untuk membatasi konsumsi jenis makanan ini.

4. Daging Olahan
Makanan pantangan kolesterol tinggi berikutnya adalah daging merah atau daging olahan. Beberapa jenis makanan instan seperti burger dan sosis menggunakan bahan utama daging merah yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Selain menjadi pantangan kolesterol tinggi, daging olahan juga sering dikaitkan dengan makanan pemicu kanker dan penyakit jantung yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya.

Menurut penelitian, daging olahan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian ini melibatkan 614 ribu peserta, dan ditemukan bahwa menambahkan 50 gram porsi daging olahan per hari mampu meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 42%.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi daging olahan secara berlebihan. Anda dapat mengganti daging olahan dengan potongan daging yang rendah lemak untuk menghindari risiko kolesterol tinggi atau pun penyakit jantung.

5. Kulit Ayam
Daging ayam merupakan salah satu makanan yang aman bagi pengidap kolesterol selama Anda memilih bagian yang tepat. Bagian ayam yang perlu dihindari oleh penderita kolesterol adalah kulit ayam.

Kulit ayam adalah lemak. Terlebih jika pengolahannya dengan cara digoreng menggunakan minyak, maka jumlah kalori dan kolesterol pun semakin meningkat.

6. Kuning Telur
Kuning telur mengandung protein yang baik bagi kesehatan tubuh, makanan ini juga cocok dikonsumsi sebagai menu diet. Meski begitu, pengidap kolesterol tinggi perlu berhati-hati mengonsumsi kuning telur, khususnya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Anda dapat membatasi untuk mengonsumsi satu butir telur dalam satu hari untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Hal ini dikarenakan dalam satu kuning telur diketahui mengandung sekitar 186 miligram kolesterol. Jumlah tersebut telah melebihi setengah dari asupan harian kolesterol maksimal yang direkomendasikan yakni 150 miligram (kebutuhan kalori harian yang direkomendasikan adalah di bawah 300 miligram).

7. Udang
Meski dikenal rendah lemak, udang juga merupakan makanan yang mengandung kolesterol cukup tinggi. Di dalam 100 gram udang mentah terdapat 189 miligram kolesterol. Di mana angka ini lebih dari setengah asupan kolesterol harian yang disarankan. Itulah alasan mengapa udang menjadi salah satu pantangan kolesterol tinggi yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya.

8. Makanan Manis
Beberapa makanan manis seperti cake, cookies, atau donat mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang tinggi karena campuran mentega di dalamnya. Rasa manis dari makanan ini pun berasal dari gula yang dapat meningkatkan kadar trigliserida darah atau lemak darah (lipid).

Kedua hal tersebut termasuk dalam faktor risiko yang dapat meningkatkan terjadinya penyakit jantung koroner. Pengidap kolesterol tinggi disarankan untuk membuat makanan manis sendiri di rumah dengan bahan rendah lemak sekaligus rendah gula agar lebih sehat.

9. Sarden

Sama halnya dengan udang, sarden adalah salah satu makanan laut yang kaya akan kolesterol. Diketahui dalam 1 ons sarden terdapat sebanyak 40 miligram kolesterol. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, maka kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat lebih cepat. Terlebih lagi, makanan kaleng umumnya mengandung garam (natrium) yang tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Mengingat kondisi kesehatan setiap orang berbeda-beda, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter seputar makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.


Semoga Allah SWT menjaga kesehatan kita dan anggota keluarga lainnya. Semoga tetap sehat untuk beribadah kepada Allah SWT.

Komentar