Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji'un: K.H. Iklil Sholeh.

Innalillahi wainna ilaihi rajiun.
KH M Iklil Sholeh tutup usia di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Ahad (05/02/2023) malam.
Kabar duka kembali melingkupi Nahdlatul Ulama dan pesantren di Gresik.

Almarhum merupakan Pengasuh Pondok Pesantren Qomaruddin, Sampurnan, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik. Tercatat pernah menjabat Wakil Katib Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Gresik, dan meninggal dunia di usia 65 tahun.

Kiai Iklil yang juga paman Wakil Bupati Gresik, Hj Aminatun Habibah itu meninggal dunia, sekitar pukul 21.45 WIB. Rencananya, shalat jenazah akan dilaksanakan Senin (06/02/2023), pukul 13.00 WIB, di Langgar Agung, Pesantren Qomaruddin, Sampurnan.

Silsilahnya, almarhum adalah putra dari Nyai Khadijah binti KH Ismail bin KH Soleh bin KH Abu Ishak bin Nyai Rosiyah binti KH Harun bin KH Qomaruddin.

Selama hidup, almarhum menimba ilmu di sejumlah pesantren di bawah asuhan kiai-kiai sepuh. Di antaranya, Pesantren Al-Fadlu, Kaliwungu, Kendal, juga Pesantren Yanbu’ul Quran, Kudus, hingga Pesantren Alawiyah, Senori, Tuban.
Pesantren Qomaruddin termasuk salah satu pesantren tua di Kabupaten Gresik. Pada malam anugerah 1 abad NU, pesantren ini juga masuk sebagai penerima penghargaan dari PBNU karena usianya sudah lebih dari 100 tahun. Hingga kini jumlah santri dan anak didiknya ribuan orang. Pesantren ini juga memiliki perguruan tinggi, yakni, Universitas Qomaruddin.

Komentar