Infeksi Kuku dan cara pengobatan

Infeksi Kuku 
Kuku rusak juga bisa terjadi akibat infeksi, terutama infeksi jamur kuku atau yang dikenal dengan onkomikosis. Gejala utama infeksi jamur kuku adalah:

Kuku berbau tidak sedap
Kuku menjadi lebih rapuh atau menebal
Kuku terpisah dari kulit jari
Kuku berubah warna menjadi putih, kuning, kecoklatan, atau hitam
Selain itu, kuku rusak juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus and Streptococcus yang umum terjadi pada penderita paronikia akut.
Cara Mengobati Kuku Rusak
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengobatan kuku rusak dapat bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Pada kasus kuku rusak akibat cedera ringan, Anda dapat melakukan penanganan mandiri di rumah.

Namun, jika kuku rusak tidak menunjukkan perbaikan dengan penanganan mandiri, atau jika kuku rusak disebabkan oleh kondisi medis tertentu, Anda sebaiknya memeriksakan kondisi tersebut ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Beberapa pengobatan yang mungkin direkomendasikan oleh dokter untuk menangani penyebab kuku rusak adalah:

Obat antijamur oral atau topikal untuk mengatasi kuku rusak akibat infeksi jamur
Obat antibiotik oral atau topikal untuk mengatasi kuku rusak akibat infeksi bakteri
Kortikosteroid topikal, berupa krim atau seperti kuteks, untuk mengatasi kuku rusak akibat psoriasis
Suplemen penambah darah untuk mengatasi kuku rusak akibat anemia defisiensi besi
Selain itu, untuk mengurangi risiko terjadinya kuku rusak, Anda diajurkan untuk selalu merawat kuku dan menghindari pemicu kuku rusak. Berikut adalah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku:

Rutin memotong kuku menggunakan gunting kuku
Tidak menggigit kuku
Selalu mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun untuk mengurasi risiko terjadinya infeksi jamur dan bakteri penyebab kuku rusak
Bila Anda mengalami masalah kuku rusak, baik yang ditandai dengan perubahan warna, bentuk, tekstur, atau ketebalan kuku, sebaiknya konsultasikan kondisi tersebut ke dokter untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan yang sesuai dengan penyebab kuku rusak yang Anda alami.



Komentar