Tiga Komponen Inti RPP/Modul Ajar
Guru mesti membuat rencana dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, baik tertulis maupun tidak. Mengapa harus tertulis? karena kita butuh untuk dinilai.
Perlu Bapak/Ibu guru ketahui bahwa Standar baku untuk format penulisan RPP tidak ada sehingga guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.
Guru bisa menggunakan format RPP yang telah dibuat sebelumnya, atau bisa juga memodifikasi format RPP yang sudah dibuat. Jadi yang tadinya ada belasan komponen, dibuat menjadi tiga komponen inti, yaitu:
- Tujuan pembelajaran;
- Langkah-langkah pembelajaran (kegiatan); dan,
- Penilaian pembelajaran (asesmen).
Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar siswa. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien. Pengembangan pada kegiatan pembelajaran harus memuat:
- Terintegrasi (lintas KD mapel lain)
- 4C ( L14)
- Literasi Baru, Numerik dan Karakter
- Hots, Homs²
- Heutagogy (Self determine Learning)
- Mengenali Potensi Kecerdasan
- Kemajemukan siswa
Mengenali potensi kemajemukan pada siswa
- Logika –Matematika (memahami proporsi & Hipotesis, serta permasalahan matematika)
- Linguistik ( Berpikir dalam kata-kata & menggunakan Bahasa)
- Spasial (Berpikir dalam 3 Dimensi)
- Musik ( Membedakan, nada, ritme, timbre)
- Kinestetik (Memanipulasi Objek)
- Naturalis ( Memahami, Manusia, alam, hewan dan Tumbuhan)
- Interpersonal (memahami dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain)
- Intrapersonal (Memahami diri sendiri)
- Eksistensial (Kepekaan untuk mempesoalkan arti hidup, kematian & proses semesta)
Berikut ini contoh RPP merdeka belajar yang bisa kami bagikan:
Akidah Ahlak SMP
Demikian semoga pengajaran yang kita lakukan dapat pahala di akhirat.Amin
Komentar
Posting Komentar