KISI-KISI PENULISAN SOAL
SMP ASSA’ADAH
1. Satuan Pendidikan : SMP
. Kurikulum Acuan : KURIKULUM 13
2. Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAQ
. Alokasi Waktu : 60’
3. Jenis Penilaian : UKK
. Jumlah Soal : 40
4. Kelas/Semester : 7 / 2
NO |
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
Kls/ Smt |
MATERI PELAJARAN |
INDIKATOR |
No. SOAL |
Bentuk Soal |
|
PG |
ES |
|||||||
1 |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
7/2 |
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Menyebutkan definisi asmaul husnah |
1
|
V |
|
|
Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Mampu membedakan asmaul hsna dan tidak |
2
|
V |
|
|
|
Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Menyebutkan kegunaan asmaul husna |
3
|
V |
|
|
|
Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Menyebutkan fungsi dari al-Ghofur |
4
|
V |
|
|
|
Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Menyajikan dalil asmaul husnah |
5
|
V |
|
|
|
Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Menyebutkan peristiwa akan turunnya al qur’an |
6
|
V |
|
|
|
Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Meneladani asmaul husnah al qodir dalam kehidpan |
7
|
V |
|
|
|
Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Meneladani asmaul husnah ar rouf dalam kehidpan |
8
|
V |
|
|
|
Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Meneladani asmaul husnah al adlu dalam kehidpan |
9
|
V |
|
|
|
Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
|
Asmaul husna. (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) |
Meneladani asmaul husnah al qoyyum dalam kehidpan |
10
|
V |
|
|
2 |
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
7/2 |
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan asal kejadian malaikat |
11
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan makhluq ghoib selain malaikat |
12
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan jumlah malaikat |
13
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan sifat/ciri malaikat |
14
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan sifat/ciri makhluq ghoib elain malaikat |
15
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan tugas malaikat jibril |
16
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan tugas malaikat izroil |
17
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menggambarkan tugas malaikat kiroman katibin |
18
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Terhindar dari dosa |
Menjelaskan nafsu hayawanniah |
19
|
V |
|
|
|
Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan |
|
Malaikat, Jin, Iblis, setan |
Menyebutkan sifat iblis |
20
|
V |
|
|
3 |
Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq |
7/2 |
Akhlaq tercela; Riya’ dan Munafiq |
Menggambarkan sifat jelek setan yang meracuni manusia |
21
|
V |
|
|
|
Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq |
|
Akhlaq tercela; Riya’ dan Munafiq |
Menjelaskan arti iya’ menurut bahasa |
22
|
V |
|
|
|
Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq |
|
Akhlaq tercela; Riya’ dan Munafiq |
Menyebutkan perilaku sifat munafik |
23
|
V |
|
|
|
Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq |
|
Akhlaq tercela; Riya’ dan Munafiq |
Menyebutkan ciri munafik dalam al qur’an |
24
|
V |
|
|
|
Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq |
|
Akhlaq tercela; Riya’ dan Munafiq |
Menyebutkan dalil tentang riya’ |
25
|
V |
|
|
|
Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq |
|
Al maun |
Menyajikan ancaman bagi orang riya’ |
26
|
V |
|
|
4 |
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
7/2 |
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menyajikan kata mutiara untuk doa |
27
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menyajikan hadits Nabi saw. |
28
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menggambarkan kecintaan Allah tehadap orang yang berdoa |
29
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menyajikan tata cara membaca al-Qur’an |
30
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menemukan sajian janji Allah swt. bagi pembaca al Qur’an |
31
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menyebutkan sajian Dalil naqli tetang keutamaan belajar al Qur’an |
32
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menyajikan waktu terbaik untuk berdoa |
33
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menyajikan bulan baik untuk berdoa |
34
|
V |
|
|
|
Memahami adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
|
Adab berdoa da adab membaca al-Qur’an menurut syariat Islam |
Menyebkan adab dalam beribadah yang diterima Allah |
35
|
V |
|
|
5 |
Menteladani kisah Ashabul Kahfi |
7/2 |
Kisah ashabl kahfi dan keteladaannya |
Menyebutkan jumlah ashabl kahfi |
36
|
V |
|
|
|
Menteladani kisah Ashabul Kahfi |
|
Kisah ashabl kahfi dan keteladaannya |
Menyebutkan asal daerah ashabl kahfi |
37
|
V |
|
|
|
Menteladani kisah Ashabul Kahfi |
|
Kisah ashabl kahfi dan keteladaannya |
Menyebutkan nama ashabul kahfi |
38
|
V |
|
|
|
Menteladani kisah Ashabul Kahfi |
|
Kisah ashabl kahfi dan keteladaannya |
Menyajikan keberadaan Ashabul Kahfi lama di gua (309) |
39
|
V |
|
|
|
Menteladani kisah Ashabul Kahfi |
|
Kisah ashabl kahfi dan keteladaannya |
Menyebutkan hal paling penting dalam menyelamatkan diri kita |
40
|
V |
|
Komentar
Posting Komentar