Muqodimah Kitab Talim Mutaalim

Muqodimah Kitab Talim Mutaalim

 

MUQODIMAH


Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah mengangkat harkat derajat manusia dengan ilmu dan amal, atas seluruh alam. Salawat dan Salam semoga terlimpah atas Nabi Muhammad saw, pemimpin seluruh umat manusia, dan semoga pula tercurah atas keluarga dan para sahabatnya yang menjadi sumber ilmu dan hikmah.


Langkah mushonif sebelum mengarang:

1. Membaca basmallah
2. Membaca Hamdalah ...
3. Membaca shalawat dan salam pada Rasulullah ....
Tigal hal tersebut memberi gambaran pada kita diwaktu belajar juga harus melakukan tiga hal tersebut.


Kalau saya memperhatikan para pelajar (santri) , sebenarnya mereka telah bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu, tapi banyak dari mereka tidak mendapat manfaat dari ilmunya, yakni berupa pengalaman dari ilmu tersebut dan menyebarkannya. Hal itu terjadi karena cara mereka menuntut ilmu salah, dan syarat- syaratnya mereka tinggalkan. karena, barang siapa salah jalan, tentu tersesat tidak dapat mencapai tujuan. Oleh karena itu saya ingin menjelaskan kepada santri cara mencari ilmu, menurut kitab-kitab yang saya baca dan menurut nasihat para guru saya yang ahli ilmu dan hikmah.

Alasan beliau mengarang kitab
1. Melihat banyak temannya yang salah langkah dalam pembelajaran.
2. Temannya tidak mendapatkan hasil maksimal dalam belajar

Sumber karangan beliau
1. Kitab yang dia pelajari.
2. Hasil mendengar dari para guru.

Dengan harapan semoga orang-orang yang tulus ikhlas mendo’akan saya sehingga saya mendapatkan keuntungan dan keselamatan di akherat. Begitu do’a saya dalam istikharah ketika akan menulis kitab ini.

Nama kitab karangan beliau
Ta’limul Muta’alim Thariqatta’allum (Memahamkan orang yang mencari ilmu dalam menempuh pembelajaran)
 
Yang terdiri dari Sistematika pembahasan ada 13 fasal, yaitu

 1. Bab Pengertian Ilmu Dan Fiqh Serta Keutamaannya

 2. Bab Niat Di Waktu Belajar

  3. Bab Memilih Ilmu Guru Teman Dan Ketabahan Berilmu

 4. Bab Memuliakan Ilmu Dan Ahli Ilmu

 5. Bab Sungguh-Sungguh Kontinuitas Dan Cita-Cita Luhur

 6. Bab Permulaan Belajar Ukuran Belajar Dan Tata Tertibnya

 7. Bab Bertawakal

 8. Bab Masa Belajar

 9. Bab Kasih Sayang Dan Nasehat

 10. Bab Mengambil Pelajaran

 11. Bab Wara Pada Masa Belajar

 12. Bab Hal-hal Yang Membuat Hafal Dan Mudah Lupa

 13. Bab Hal-hal Yang Mendatangkan Rizki Dan Yang Memperpanjang Usia Serta Yang Memotong

 Tidak ada penolong kecuali Allah, hanya kepada-Nya saya berserah diri, dan kehadirat-Nya aku kembali.


Komentar