Pekerjaan sekolah yang menyenangkan dengan kuis

 Salah satu dari dari ciri pembelajaran jarak jauh adalah adanya evaluasi secara daring, untuk melakukan itu banyak aplikasi yang tersedia seperti, Kahoot, quizizz, google formulir, edupuzzle  dan banyak lagi. Penggunaan evaluasi secara bisa kita gunakan untuk melihat seberapa jauh peserta didik menguasai materi yang diajarkan, selain itu bisa jadi media interaksi yang menarik antara guru dengan siswa. Evaluasi berbentuk kuis selain bisa mengukur siswa juga bisa menjadi sarana hiburan mengusir kebosanan ketika siswa harus menjalankan pembelajaran jarak jauh. Untuk kali ini kita aka mempelajari bagaimana membuat kuis dengan quizziz. Karena saat ini quizziz sudah bisa di integrasikan ke dalam google classroom secara langsung.

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.

Quizizz memungkinkan Anda untuk melakukan penilaian formatif yang disesuaikan dengan waktu siswa dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi siswa dari segala usia. Fitur yang menonjol meliputi:

  1. Sesuai kecepatan siswa: Pertanyaan muncul di layar setiap siswa, sehingga mereka dapat menjawab pertanyaan dengan kecepatan mereka sendiri, dan meninjau jawaban mereka di akhir.
  2. Dapat dimainkan oleh siswa menggunakan perangkat apa pun dengan browser, termasuk PC, laptop, tablet, dan smartphone. Belajarlah lagi.
  3. Ribuan kuis umum: Guru luar biasa di seluruh dunia membuat ribuan pertanyaan hebat di Quizizz setiap hari! Upaya komunitas ini menghasilkan konten hebat yang dapat digunakan semua orang.
  4. Editor Kuis: Editor Kuis adalah editor kuis hebat yang memungkinkan membuat kuis dengan cara mudah dan menyenangkan
  5. Menghilangkan kerumitan membuat kuis dengan memungkinkan Anda memetik pertanyaan dari kuis apapun, menambahkan gambar dengan mudah dari internet, menyimpan kemajuan Anda secara otomatis, dan banyak fitur lainnya.
  6. Laporan memberi Anda wawasan tingkat kelas dan tingkat siswa yang terperinci untuk setiap kuis yang Anda lakukan. Anda juga dapat mengunduh laporan sebagai spreadsheet Excel.
  7. Kustomisasi Kuis: Guru memiliki beberapa opsi untuk menyesuaikan sesi kuis mereka untuk mengubah tingkat persaingan, kecepatan, dan faktor lainnya.

Untuk memulai membuat kuis dengan quizizz, masukan alamat quizizz ke browser dengan alamat https://quizizz.com, Klik log In jika sudah pernah terdaftar sebelumnya, jika belum klik pada Sign Up.

Silahkan klik tombol signup untuk mendaftarkan akun di quizizz.


Klik tombol Daftar dengan Google. Pilih akun yang tersedia atau masukan alamat email dan password,


Masukan password kemudian klik selanjutnya, jika alamat email dan password sudah betul, akan ada pertanyaan Bagaimana Anda menggunakan Quizizz? klik pada pilihan di Sekolah.


Pilih sebegai guru jika kita seoarang guru atau bisa memilih sebagai orang tua



Setelah selesai memilih sebagai guru, kita akan masuk ke dalam dasboard , untuk membuat sebuah kuis bisa dengan membuat dari baru atau bisa juga mengambil dari perpustakaan yang sudah ada, masukan kuis yang di cari dan pilih perpustakaan kuis



setelah muncul hasilnya, klik pada kuis yang mau kita pakai. Untuk membuat kuis baru klik tombol buat, pilih Quiz


masukan nama kuis dan Pilih subjek yang relavan dan klik selanjutnya

Klik pada Tulis Sendiri

klik pada pilihan ganda untuk membuat soal dengan tipe pilihan ganda pada

masukan pertanyaan di pertanyaan dan jawaban, kemudian di centang pada jawaban yang benar. Tampilan hasil di sebelah kanan. Berapa lama soal bisa di kerjakan juga bisa di atur, standarnya 30 detik, bisa kita sesuaikan dnegan kebutuhan. Setelah sudah sesuai dengan yang diharapkan klik tombol simpan

jika sudah benar langkah yang kita lakukan, klik pada tombol + Pertanyaan Baru

dan ulangi proses sesuai dengan soal yang kita inginkan. Misalkan soal kedua menggunakan tipe kotak centang. caranya sama. Gunakan menu teleport untuk mengambil soal dari soal yang ada di perputakaan quizzis

topik otomatis menyesuaikan dengan topik kuis yang kita buat, pilih pertanyaan kemudian klik tombol tambah pada soal yang ingin kita tambahkan ke dalam kuis kita.

jika di rasa soal kita sudah cukup, ada dua tombol keluar dan kembali.

keluar untuk kembali ke dasboard, kembali untuk masuk ke rincian kusi dan menyimpan kuis.

beri rindian kuis kira, dari tambahkan gambar upload dari komputer atau menempalkan tautan gambar, pilih bahasa, pilih kelas dan pilih kuis bisa untuk publik atau hanya kita sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan kemudian tekan tombol simpan. Setelah itu kita bisa memulai kuis langsung dimana semua peserta mulai pada saat bersamaan, guru bisa memonitor perkembangan jalannya kuis atau beri pekerjaan rumah dimana setiap siswa mengerjakan dengan waktunya sendiri sendiri.

Mode Kuis langsung terbagi dua, klasik siswa dengan kecepatan mereka sendiri sendiri atau Instruktur-cepat (beta), guru dapat mengatur kecepatan.

Ketika menggunakan mode pekerjaan rumah maka kita diminta untuk mengatur kapan waktu kuis di mulai.

sebelum lanjut, kita bisa membuat kuis ini bisa langsung masuk ke google classroom kita, klik pilih

pilih pergi ke kelas

klik konek dengan google classroom

pilih akun atau masukan alamat gamail dan password jika belum login.

quizizz akan mengakses akun anda, klik izinkan

setelah berhasil maka akan muncul menu, klik import kelas google

setelah mengklik tombol impor kelas, pilih kelas yang akan kita beri kuis, kemudian klik simpan

setelah berhasil menambahkan, kelas di google classroom akan tampil

Kembali ke tampilan penugasan, kita bisa memilih kelas untuk di beri kuis yang sudah kita buat

centang pada kelas yang kita pilih, klik selanjutnya atau

beri keterangan lanjutkan mengenai kuis ini, jika sudah selesai klik selanjutnya

setelah selesai klik pada tombol menugaskan game untuk memposting kuis kita ke dalam kelas di google classroom

Quiz ini telah ditugaskan ke Google Classroom Siswa anda akan diberitahu pada akun Google Classrom dan Quizizz mereka, kita  dapat membuat siswa bergabung dengan menggunakan kode gameyang bisa di muculkan dengan mengklik link yang di sediakan.

Demkianlah membuat kuis menggunakan quizizz yang bisa langsung di tugaskan di google classroom. Dengan tampilan yang menarik akan membuat siswa tidak bosan mengerjakan tugasnya. masih banyak hal yang masih bisa kita explore lebih lanjut, beberapa masih beta, kita explore sambil mencari hal yang baru di quizizz. Tidak ada aplikasi super yang lebih baik dari lainnya, yang ada adalah sesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Terima kasih, jika ada pertanyaan atau berdiskusi lebih lanjut silahkan tulis di kolom komentar.(Ari)


sumber asli

Komentar