KISI-KISI PENULISAN SOAL AQIDAH AKHLAQ
SMP ASSA’ADAH 17-18-2
1. Satuan
Pendidikan : SMP
2. Mata
Pelajaran : AQIDAH AKHLAQ
3. Jenis
Ulangan : Semester
4. Kelas/Semester : 7 / 2
6. Kurikulum Acuan : LP Ma’arif SMP
7. Alokasi Waktu : 60’
8. Jumlah Soal : 35
8.1 Obyektif : 30
8.2
Uraian : 5
NO
|
STANDART KOMPENTENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Kls/ Smt
|
MATERI PELAJARAN
|
INDIKATOR
|
No. SOAL
|
Bentuk Soal
|
|
PG
|
ES
|
|||||||
1
|
10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
|
10.1. Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat
|
Allah SWT telah
menciptakan malaikat dari nur atau cahaya
|
Menyebutkan
asal kejadian malaikat
|
1
|
V
|
||
Pengertin
malaikat
|
Menjelaskan pengertian malaikat
|
2
|
V
|
|||||
Rukun iman ke
2 malaikat
|
Menyebutkan rukun iman ke 2
|
3
|
V
|
|||||
10 malaikat yang wajib diketahui
|
Menyebutkan
jumlah malaikat yang wajib diketahui
|
4
|
V
|
|||||
10.2. Menjelaskan tugas-tugas Malaikat
|
Tugas rokib atit mncatat amal baik buruk
|
Menyebutkan tugas malaikat rokib-atit
|
5
|
V
|
||||
Julukan jibril
ruhul qudus / ruhul amin
|
Menyebutkan sebutan lain jibril
|
6
|
V
|
|||||
Manusia tidak
taat lebih rendah dari binatang
|
Menyebutkan derajat manusia disisi
Allah
|
7
|
V
|
|||||
Jibril
penyampai wahyu
|
Menyebutkan tugas malaikat jibril
|
8
|
V
|
|||||
Sifat jin;
kadang taat dan tidak
|
Menyebutkan sifat jin
|
9
|
V
|
|||||
Tugas malaikat
|
Menyebutkan perbedaan malaikat dengan
makhluq lainnya
|
10
|
V
|
|||||
Setan
menjerumuskan manusia dalam dosa
|
Menyebutkan makhluq yang menggoda
manusia
|
11
|
V
|
|||||
Perbedaan
malaikaat – jin; malaikat selalu taat, jin ada yang taat ada yang tidak
|
Menyebutkaan perbedaan malaikat dengan
jin
|
12
|
V
|
|||||
contoh
Perilaku iman malaikat
|
Menjukkan perilaku taat pada Allah
|
13
|
V
|
|||||
Malaikat dan
makhluq ghoib
|
Menjelaskan keterkaitan makhluq ghoib lainnya
|
14
|
V
|
|||||
2
|
11. Membiasakan
perilaku terpuji
|
11.1. Menjelaskan pengertian kerja keras,
tekun, ulet dan teliti
|
Akhlakul karimah = budi pekerti luhur
|
Mengidentifikasi persamaan budi
pekerti luhur
|
15
|
V
|
||
dan berhati lembut, setia kawan dan disiplin, hemat, empati, hormat
kepada guru(6)
|
q.s ali imron
ayat 129
|
Menjelaskan maksud ayat 129 surat ali
imron
|
16
|
V
|
||||
Etos kerja =
semangat kerja
|
Mengidentifikasi kesamaan istilaah
etos kerja
|
17
|
V
|
|||||
Ciri-ciri
kerja keras
|
Mengidentifikassi selain ciri-ciri
kerja keras
|
18
|
V
|
|||||
Pengertian
berhati lembut
|
Menjelaskan pengertian berhati lembut
|
19
|
V
|
|||||
Pengertian
hemat
|
Menjelaskan maksud dari hemat
|
20
|
V
|
|||||
Pengertian
empati
|
Menjelaskan arti empati
|
21
|
V
|
|||||
11.2.
Menampilkan contoh-contoh perilaku
kerja keras, tekun, ulet dan teliti(4) dan
|
Hemat dengan
menabung
|
Menampilkan contoh perilaku hemat
|
22
|
V
|
||||
berhati lembut,
setia kawan dan disiplin, hemat, empati, hormat kepada guru(6)
|
Disiplin
dengan melalukan kegiatan teratur
|
Mengidentifikasi contoh disiplin
|
23
|
V
|
||||
11.3.
Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti, hemat.
|
Tekun dengan
ibadah dan sinau teratur
|
Mengidentifikasi perilaku tekun
|
24
|
V
|
||||
berhati lembut, setia kawan dan
disiplin, hemat, empati, hormat guru
|
Teliti dengan
menyiapkan peralatan sekolah dan soal2 pelajaran
|
Mengidentifikasi perilaku teliti
|
25
|
V
|
||||
Hemat hadits
riwayat ahmad
|
Menyebutkan anjuran hadits riwayat
ahmad
|
26
|
V
|
|||||
Hemat surat al
furqon ayat 67
|
Menjelaskan maksud surat al-furqon
ayat 67
|
27
|
V
|
|||||
Hemat surat
al-isro’ ayat 27
|
Menjelaskan makud anjuran surat
al-isro’ ayat 27
|
28
|
V
|
|||||
Hemat hadits
riwayat ibnu najar
|
Menjelaskan maksud hadits riwayat ibnu
najar
|
29
|
V
|
|||||
Hemat fungsi
menabung
|
Menyebutkan fungsi menabung
|
30
|
V
|
|||||
3
|
hasad, suudlon,
jubn, Takabbur, dlolim, Tamak, hiyanat.
|
Hasad
berkaitan sifat iri
|
Menjelaskan arti hasad
|
1
|
V
|
|||
4 penyebab
suudhon
|
Menyebutkan 4 penyebab buruk sangka
|
2
|
V
|
|||||
3 cara
menghindari jubn
|
Menyebutkan 3 cara menghindari sifat
jubn
|
3
|
V
|
|||||
3 macam
takabbur
|
Menyebutkan jumlah dan rincian macam
takabbur
|
4
|
V
|
|||||
Hr. Al bazaar
sederhana dalam hidup,
|
Menjelaskan maksud HR. Al Bazaar
|
5
|
v
|
Komentar
Posting Komentar