PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER : IX / GANJIL
Standar Kompetensi (Al-Qur’an) : 1. Memahami Ajaran Al-Qur’an Surat At-Tiin.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1.1. Membca Qs. At Tin dengan tartil.
1.2. Menyebutkan arti Qs.At Tin.
1.3. Menjelaskan makna Qs. At Tin
|
Qs.At Tin
|
- Siswa membaca Qs. At Tin.
- Siswa menyalin Qs.At Tin
- Siswa mengartikan Qs.At Tin
- Siswa berdiskusi tentang isi kandungan Qs.At Tin
|
1. Membaca Qs. At Tin denan benar , Tartil dan lancar.
2. Menyalin Qs.At Tin dengan baik dan benar.
3. Menghafal Qs. AtTin dengan benar,fasih dan lancar.
4. Mengartikan Qs. At Tin setiap suku kata dengan benar.
5. Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar.
6. Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat
7. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Qs At Tin .
8. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Qs. At Tin dalam kehidupan sehari-hari
|
Ulangan
Tugas
Quis
Ulangan
|
Tes lisan
Tugas individu
Tanya jawab
Tes tulis
|
Membaca
Unjuk kerja
Jawaban singkat
Uraian
|
- Bacalah Qs.At Tin
- Salinlah Qs. At Tin
- Hafalkan Qs At Tin
- Artikan setiap kata Qs At Tin
- Artikan setiap ayat Qs. At Tin
- Jelaskan ajaran apa yang terkandung dalam Qs. At Tin
|
4 x Pertemuan
( 8 Jam Pel )
|
Al Qur’an dan terjmah nya
Buku PAI Kelas IX
|
Standar Kompetensi (Al-Hadits) : 2. Memahami Ajaran Al- Hadits Tentang Menuntut Ilmu.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
2.1. Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu.
2.2. Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut Ilmu.
2.3. Menjelaskan maknan menuntut Ilmu seperti dalam hadits.
|
Hadits Tentang menuntut Ilmu.
|
- Siswa membaca Hadits tentang menuntut Ilmu.
- Siswa menyalin Hadits tentang menuntut Ilmu.
- Siswa mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu.
- Siswa berdidkusi
makna dalam
Hadits tentang menuntut Ilmu.
|
1. Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu dengan benar, fasih dan lancar.
2. Menyalin Hadits tentang menuntut Ilmu
3. Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu setiap suku kata dengan benar.
4. Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu setiap kalimat dengan benar.
5. Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu secara keseluruhan.
6. Menjelaskan makna yang terkandung dalam. Hadits tentang menuntut Ilmu
7. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Hadits dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tugas
Quis
Tugas
|
Tugas individu
Tanya jawab
Tugas klompok
|
Unjuk keja
Jawaban singkat
Performance
|
- Bacalah Hadits tentang menuntut Ilmu.
- Salinlah Hadits tentang menuntut Ilmu.
- Artikan setiap kata dalam hadits.
- Artikan setiap kalimat dalam Hadits .
- Apa ajaran yang tekandung dalam Hadits.
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
|
Riyadlush Sholihin
Buku PAI Kelas IX
|
Standar Kompetensi (Aqidah ) : 3. Meningkatkan Keimanan Kepada Hari Akhir.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
3.1. Menjelaskan pengertian tentang beriman kepada hari akhir.
3.2. Menyebutkan ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan hari akhir
3.3. Menceritakan proses kejadian qiyamat sughro dan kubro seperti yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadits.
|
Hari Akhir
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang hari akhir.
- Siswa berdiskusi tentang Hari Akhir.
- Siswa membaca dalil tentang Hari Akhir.
- Siswa
Menceritakan proses kejadian qiyamat sughro dan kubro seperti yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadits
|
1. Menjelaskan pengertian hari qiyamat.
2. Menjelaskan peristiwa sesudah hari qiamat.
3. Menjelaskan fungsi beriman kepada hari qiyamat.
4. Menjelaskan balasan amal yang baik dan amal yang buruk
5. Menyebutkan, membaca dan menghafal Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-
6. Menjelaskan proses kejadian qiyamat sughro dan kubro.
7. Menunjukkan contoh termasuk qiyamat sughro dan qiyamat kubro.
8. Menujukkan ayat Al Qur’a. Dan hadits yang berkaitan dengan peristiwa qiyamat suhgro dan kubro
|
Ulangan
Tugas
Kuis
|
Tes Tulis
Tugas individu
Tanya jawab
|
Uraian
Uraian.
Uraian
Unjuk kerja
Jawaban singkat
|
- Jelaskan pengertian hari qiyamat.
- Jelaskan peristiwa sesudah hari qiyamat.
- Jelaskan balasan orang yang beramal soleh
- Bacalah dalil tentang hari qiyamat.
- Sebutkan contoh
qiyamat Sughro.
|
2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
|
Dinul Islam
Aqidah Islam
Buku PAI Kelas IX
|
Standar Kompetensi (Akhlaq) : 4. Membiasakan Perilaku Terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
4.1. Menjelaskan pengertian qonaah dan tasamuh.
4.2. Menampilkan perilaku qonah dan tasamuh.
4.3. Membiasakan perilaku qonaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sifat terpuji
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Qonaah dan tasamuh.
- Siswa berdiskusi tentang Qonaah dan Tasamuh.
- Siswa membaca dalil tentang Qonaah dan Tsamauh.
|
1. Menjelaskan pengertian Qonaah.
2. Menjelaskan pengertian Tasamuh (toleransi )
3. Menunjukan , membaca,mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang qonaah dan rasamuh
4. Menunjukkan contoh perilaku atau sikapQonaah.
5. Menunjukkan contoh perilaku atau sikap tasamuh.
6. Menjelaskan fungsi qonaah dan tasamuh ( toleransi )
7. Membiasakan perilaku Qonaah dalam kehidupan sehari-hari.
8. Membiasakan perilaku Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
|
Ulangan
Tugas
Kuis
Ulangan
Tugas
|
Tes tulis
Tugas Individu
Tanya jawab
Tes Tulis
Tugas individu
|
Uraian
Unjuk kerja
Jawaban singkat
Uraian
Portofolio
|
- Jelaskan pengertian Qonaah dan Tasamuh.
- Tulislah dalail baqli tentang Qonaah dan tasamuh.
- Sebutkan contoh Qonaah dan Tasamuh.
- Jelaskan fungsi Qonaah dan Tasamuh.
- Apa yang sudah kamu lakukan berkaitan dengan sikap Qonaah dan Tasamuh.
|
2 x Pertemuan
(4 Jam Pel )
|
Buku Materi Akhlaq
Buku PAI Kelas IX
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 5. Memahami Hukum Islam Tentang Penyembeliahn Hewan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
5.1. Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.
5.2. Menjelaskan ketentuan Aqiqoh dan Qurban.
5.3.Memperagakan cara menyembelih hewan Aqiqoh dan Qurban.
|
Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban
|
- Siswa membaca dan menelaah Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban materi tentang .
- Siswa berdiskusi tentang. Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban
- Siswa membaca dalil tentang Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban.
Siswa mempraktekan menyembelih hewan.
|
1. Menyebutkan syarat orang yang sah menyembelih hewan.
2. Menyebutkan syarat binatang yang disembelih.
3. Menyebutkan syarat alat yang boleh digunakan untuk menyembelih hewan.
4. Menyebutkan sunnah dalam menyembelih hewan
5. Menjelaskan pengertian aqiqah dan kurban.
6. Menjelaskan hukum dan syarat aqiqoh dan kurban.
7. Menjelaskan ketentuan dan waktu aqiqah dan kurban.
8. Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil aqiqah.
9. Menjelaskan fungsi aqiqoh dan kurban
10. Mempraktekkan cara memyembelih hewan aqiqah dan hewan kurban
|
Ulangan
Ulangan
Tugas
|
Tes tulis
Tes tulis
Tugas kelompok
|
Uraian
Uraian
Praktek
|
- Sebutkan sarat orang yang menyembelih .
- Sebutkan sarat binatang yang boleh di sembelih.
- Sebutkan sunah menyembelih
- Jelaskan pengerian Aqiqoh dan Kurban
- Sebutkan dalil aqiqoh dan kurban
- Praktek menyembelih newan.
|
2 x pertemuan
( 4 Jam Pel )
|
Fiqih Sunnah
Buku PAI Kelas IX
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 6. Memahami Hukum Islam Tentang Haji Dan Umroh.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
Menyebutkan pengertian dan ketentuan Haji dan Umroh.
6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh.
|
Haji dan Umroh.
|
Siswa mebca dan menelaah materi tentang Haji dan Umroh.
Siswa berdiskusi tentang Haji dan Umroh.
Siswa membaca dalil naqli Haji dan Umroh.
Siswa menghafal talbiyah.
Siswa memperagakan Hajidan Umroh.
|
1. Menjelaskan pengertian dan hukum Haji.
2. Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Haji.
3. Menyebutkan larangan-laranganm selama ibadah Haji.
4. Menjelaskan macam-macam cara mengerjakan Haji.
5. Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli Haji
6. Menjelaskan pengertian dan hukum Unroh..
7. Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Umroh..
8. Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah Umroh.
9. Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli Umroh
10. Mempragakan pelaksanaan Ibadah Haji.
11. Memperagakan pelaksanaan Ibadah Umroh
|
Ulangan
Tugas
Ulangan
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas individu
Tes tulis
Tugas individu
|
Uraian
Menghafal
Uraian
Menghafal
|
- Jelaskan pengrtian Haji.
- Sebutkan syarat dan rukun Haji.
- Sebutkan larangan haji.
- Apa Haji Ifrot,Tamatu’dan kiron.
- Hafalkan dalil Haji.
- Jelaskan pengertian Umroh
- Sebutkan rukun Umroh.
- Hafalkan dalil Umroh !
|
3 x Pertemuan
( 6 Jam Pel )
|
Fiqih Sunah.
Buku Petunjuk Haji.
Buku PAI Kelas IX.
|
Standar Kompetensi (Tarikh) : 7. Memahami Sejarah Perkembangan Islam Di Nusantara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
7.1.Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran.7.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa,Sumatra, dan sulawesi.
|
Sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
|
-Siswa membaca dan menelaah materi Sejarah masuknya Islam di Nusantara .
-Siswa membaca dan menelaah sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa,Sumatra, dan sulawesi
|
1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan
2. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui sosial.
3. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui pengajaran
4. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa.
5. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sumatra .
6. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Sulawesi .
|
Ulangan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
- Jelaskan Islam masuk di Nusantara melalui a. Pedagangan.
b. Sosial .
c. Pengajaran.
- Sebutkan salah satu kerajaan Islam di :
a. P.Jawa.
b. P.Sumatra.
c. Sulawesi
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
|
Sejarah Islam.
Kebudayaan Islam
Buku PAI Kelas IX
|
PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER : IX / GENAP
Standar Kompetensi (Al-Qur’an) : 8. Memahami Al-Qur’an Surat Al-Insyiroh .
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
8.1. Menampilkan bacaan Qs. Al Insyiroh dengan tartil dan benar.
3.2. Menyebutkan arti Qs. Al Insyiroh.
3.3. Mempraktikan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah.
|
Qs.Al Insyiroh
|
- Siswa membaca Qs.Al Insyiroh.
- Siswa menyalin Qs.Al Insyiroh.
- Siswa menghafal Qs. Al Insyiro.
- Siswa mengartikan Qs. Al Insyiroh.
- Siswa berdiskusi untuk memahami Qs. Al Insyiroh ayat 7 dan 8 .
|
1. Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil dan lancar.
2. Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan baik dan benar.
3. Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar.
4. Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas di bidang apapun, kemudian apabila telah selesai baru pindah untuk melakukan pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas dengan ihlas pula.
5. Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan sehingga apabila behasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa
|
Tugas
Ulangan
Ulangan
|
Tugas individu
Tes tulis
Tes tulis
|
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Unjuk kerja
Uraian
Uraian
|
- Bacalah Qs.Al Insyiroh.
- Salinlah Qs.Al Insyiroh.
- Hafalkanlah Qs.Al Insyiroh.
- Artikan Qs.Al-Insyiroh
- Pelajaran apa yang dapat di ambil Qs Al Insyiroh ayat 7 dan 8.
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
|
-Qur’an Tarjamah
Buku PAI Kelas IX
|
Standar Kompetensi (Al-Hadits) : 9. Memahani Ajaran Al-Hadits Tentang Kebersihan .
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
9.1. Membaca Hadits tentang kebersihan .
9.2. Menyebutkan arti Hadits tentang kebersihan.
9.3 Menampilkan prilaku bersih seperti dalam Hadits.
|
Hadits tentang kebersihan
|
- Siswa membaca Hadits tentang kebersihan.
- Siswa menyalin Hadits tentang kebersihan.
- Siswa menghafal Hadits tentang kebersihan .
- Siswa mengartikan Hadits tentang kebersihan
- Siswa membiasakan diri menjaga kebersihan..
|
1. Membaca Hadits tentang kebersihan. benar , Tartil dan lancar.
2. Menyalin Hadits tentang kebersihan. dengan baik dan benar.
3. Menghafal Hadits tentang kebersihan. dengan benar,fasih dan lancar.
4. Mengartikan Hadits tentang kebersihan setiap suku kata dengan benar.
5. Mengartikan Hadits tentang kebersihan. setiap kalimat dengan benar.
6. Mengartikan Hadits tentang kebersihan secara keseluruhan dengan benar
7. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Hadits tentang menuntut Ilmu
8. Menerapkan ajaran yang terkandung dalam Hadits dalam kehidupan sehari-hari
|
Tugas
Kuis
Ulangan
|
Tugas individu
Tanya jawab
Tes tulis
|
Unjuk kerja
Jawab singkat
Uraian
|
- Bacalah hadis tentang kebersihan
- Salinlah hadis tentang kebersihan
- Hafalkan hadis tentang kebersihan.
- Apa artinya potongan hadis
- Artikan hadis tentang kebesihan.
- Jelaskan manfaat hidup bersih
|
2 X p
( 4 jampel )
|
Standar Kompetensi (Aqidah) : 10. Meningkatkan Keimanan Kepada Qodlo’ Dan Qodar.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
10.1.Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo dan Qodar.
10.2.Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar
.
10.3.Menyebutkan contoh Qodlo’ dan Qopdar dalam kehidupan sehari-hari .
10.4.Men yebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang bekaitan dengan Qodlo’ dan Qodar.
|
Qodlo’ dan Qodar
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang beriman kepada qodlo’ dan qodar.
- Siswa berdiskusi tentang beriman kepada qodlo’ dan qodar.
- Siswa Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar.
- Siswa menyebutkan contoh Qodlo’ dan Qopdar.
- Siswa membaca dan menyalin dalil qodlo’ dan qodar.
|
1. Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodar.
2. Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodar..
3. Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar Menje laskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar.
4. Menjelaskan perbedaan takdir mubrom dengan takdir mualaq
5. Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodar dalam kehidupan sehari-hari.
6. Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar
7. Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodar.
8. Membaca dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodar.
9. Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’dan Qodar
|
Ulangan
Tugas
|
Tes tulis
Tugas Individu
|
Uraian
Membaca
Menghafal
|
- Jelaskan pengertian Qodo’ dan Qodar !
- Sebutkan ciri-ciri Qodho’ dan Qodar
- Jelaskan fungsi beriman kepada Qadha’ dan Qodar !
- Sebutkan contoh takdir Mu’allaq dan Mubrom !
- Bacalah dalil tentang Qadha’ dan Qodar !
- Hafalkan salah satu ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodar.
|
3 X p
( 6 jampel
|
Standar Kompetensi (Akhlaq) : 11. Menghindari Perilaku Tercela.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11.1.Menyebutkan pengertian takabur
.
11.2.Menyebutkan contoh perilaku takabur.
11.3.Menghindari prilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sifat Tercela
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang sifat tercela.
- Siswa berdiskusi tentang sifat tercela
- Siswa membiasakan menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari
|
1. Menjelaskan pengertian takabur.
2. Menyebutkan ciri-ciri takabur.
3. Menyebutkan, membaca , mengartikan dan menghafal dalil yang berkenaan dengan takabur.
4. Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menjelaskan bahaya atau akibat dari sikap takabur.
6. Menjelaskan cara –cara menghindari sikap dan perilaku takabur
7. Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat
|
Ulangan
Tugas
Kuis
|
Tes Tulis
Tugas Individu
Tanya Jawab
|
Uraian
Membaca
Jawaban Singkat
|
- Jelaskan pengertian takabur !
- Sebutkan ciri-ciri takabur !
- Bacalah dalil yang berkenaa dengan sifat takabur !
- Sebutkan contoh perilaku takabur !
- Bagaimana cara menghindari sikap takabur !
|
1 X p
(2jampel )
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 12. Memahami Tacara Berbagai Sholat Sunnah .
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
12.1. Menyebuthan pengertian dan ketentuan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
12.2. Menyebutkan contoh sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
12.3 Mempraktekan sholat sunah bejamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sholat Sunnah
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Shalat sunah
- Siswa berdiskusi tentang shalat sunah
- Siswa mempraktekkan shalat sunah
|
1. Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
2. Macam-macam sholat sunnah berjamaah dan munfarid
3. Ketentuan dan waktu sholat sunnah berjamaah dan munfarid
4. Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah.
5. Menyebutkan sholat sunnah yang dikerjakan secara munfarid
6. Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid
7. Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
8. Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari
|
Ulangan
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Individu
|
Uraian
Unjuk Kerja
|
- Sebutkan macam-macam shalat sunah yang dilakukan secara berjama’ah !
- Praktekkan shalat sunah Duha !
|
2 X p
( 4 jampel )
|
Standar Kompetensi (Tarikh) : 13. Memahami Sejarah Tradisi Islam Nusantara.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
13.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
.
13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara.
|
seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
- Siswa berdiskusi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
- Siswa mengapresiasikan tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara.
|
1. Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
2. Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
3. Mengapresiasikan terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
4. Melakukan cara menghargai terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara
|
Ulangan
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Kelompok
|
Uraian
Performance
|
- Sebutkan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam !
- Jelaskan secara singkat salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam !
Tunjukkan tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara !
|
2Xp
( 4 Jampel )
|
Komentar
Posting Komentar