Silabus Kelas 9

PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

MATA PELAJARAN                                      : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER                                      : IX / GANJIL

Standar Kompetensi  (Al-Qur’an)           : 1. Memahami Ajaran Al-Qur’an Surat At-Tiin.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.1.   Membca Qs.  At Tin dengan tartil.






1.2.   Menyebutkan arti Qs.At Tin.





1.3.  Menjelaskan makna Qs. At Tin
Qs.At Tin
- Siswa membaca Qs. At Tin.

- Siswa menyalin Qs.At Tin

- Siswa  mengartikan Qs.At Tin

- Siswa berdiskusi tentang isi kandungan Qs.At Tin

1.       Membaca Qs. At Tin denan benar , Tartil    dan lancar.
2.       Menyalin Qs.At Tin dengan  baik dan benar.
3.       Menghafal Qs. AtTin  dengan benar,fasih dan lancar.
4.       Mengartikan Qs. At Tin  setiap suku kata dengan benar.
5.       Mengartikan Qs. At Tin setiap kalimat dengan benar.
6.       Mengartikan Qs. At Tin setiap ayat 

7.       Menjelaskan makna yang terkandung  dalam Qs At Tin .
8.       Menerapkan  ajaran yang terkandung dalam  Qs. At Tin    dalam  kehidupan  sehari-hari
Ulangan

Tugas




Quis







Ulangan
Tes lisan

Tugas individu



Tanya jawab






Tes tulis
Membaca

Unjuk kerja




Jawaban singkat






Uraian
- Bacalah Qs.At Tin
- Salinlah Qs. At Tin
- Hafalkan Qs At Tin

- Artikan setiap kata Qs At Tin


- Artikan setiap ayat Qs. At Tin


- Jelaskan ajaran apa yang terkandung dalam Qs. At Tin
4 x Pertemuan
( 8 Jam Pel )
Al Qur’an dan terjmah nya

Buku PAI Kelas IX



Standar Kompetensi  (Al-Hadits)     : 2. Memahami Ajaran Al- Hadits Tentang Menuntut Ilmu.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
2.1.  Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu.



2.2.  Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut Ilmu.






2.3.  Menjelaskan maknan menuntut Ilmu seperti dalam hadits.
Hadits Tentang menuntut Ilmu.
- Siswa membaca Hadits tentang menuntut Ilmu.

- Siswa menyalin Hadits tentang menuntut Ilmu.

- Siswa mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu.

- Siswa berdidkusi
  makna dalam
  Hadits tentang menuntut Ilmu.
1.       Membaca Hadits tentang menuntut Ilmu dengan benar, fasih dan lancar.
2.       Menyalin Hadits tentang menuntut Ilmu

3.       Mengartikan  Hadits tentang menuntut Ilmu  setiap suku kata dengan benar.
4.       Mengartikan Hadits tentang menuntut Ilmu  setiap kalimat dengan benar.
5.       Mengartikan  Hadits tentang menuntut Ilmu  secara keseluruhan.

6.       Menjelaskan makna yang terkandung  dalam. Hadits tentang menuntut Ilmu
7.       Menerapkan  ajaran yang terkandung  dalam  Hadits dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas





Quis









Tugas

Tugas individu




Tanya jawab








Tugas klompok
Unjuk keja





Jawaban singkat








Performance
- Bacalah Hadits tentang menuntut Ilmu.
- Salinlah Hadits tentang menuntut Ilmu.
- Artikan setiap kata dalam hadits.

- Artikan setiap kalimat dalam Hadits .



- Apa ajaran yang tekandung dalam Hadits.
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
Riyadlush Sholihin

Buku PAI Kelas IX


   Standar Kompetensi  (Aqidah )            : 3. Meningkatkan Keimanan Kepada Hari Akhir.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
3.1.  Menjelaskan pengertian tentang beriman kepada hari akhir.
3.2.  Menyebutkan ayat Al Qur’an  yang berkaitan dengan hari akhir
3.3.  Menceritakan proses kejadian qiyamat sughro dan  kubro seperti yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadits.

Hari Akhir

-  Siswa membaca dan menelaah materi tentang hari akhir.

-   Siswa berdiskusi tentang Hari Akhir.


-  Siswa membaca dalil tentang Hari Akhir.




- Siswa
Menceritakan proses kejadian qiyamat sughro dan  kubro seperti yang terkandung dalam Al Qur’an dan Hadits
1.  Menjelaskan pengertian hari qiyamat.
2.  Menjelaskan peristiwa sesudah hari qiamat.
3.  Menjelaskan  fungsi beriman kepada hari qiyamat.
4.  Menjelaskan balasan amal yang baik dan amal yang buruk


5.  Menyebutkan, membaca dan menghafal Qs. Al Haj:7, Ar.Rahman: 26-27, Al Zalzalah: 6,7,8. Al. Anbiyak: 47. Al.Qoriah:1-11. Al Ghosiyah: 2-

6.  Menjelaskan proses kejadian qiyamat sughro dan kubro.
7.  Menunjukkan contoh termasuk qiyamat sughro dan qiyamat kubro.
8.  Menujukkan ayat Al Qur’a. Dan hadits yang berkaitan dengan peristiwa qiyamat suhgro dan kubro
Ulangan










Tugas








Kuis

Tes Tulis









Tugas individu







Tanya jawab

Uraian


Uraian.


Uraian




Unjuk kerja








Jawaban singkat

- Jelaskan pengertian hari qiyamat.
- Jelaskan peristiwa sesudah hari qiyamat.
- Jelaskan balasan orang yang beramal soleh
- Bacalah dalil tentang hari qiyamat.






- Sebutkan contoh
qiyamat Sughro.

2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
Dinul Islam

Aqidah Islam

Buku PAI Kelas IX

Standar Kompetensi   (Akhlaq)       : 4. Membiasakan Perilaku Terpuji.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
4.1.  Menjelaskan pengertian qonaah dan tasamuh.





4.2. Menampilkan perilaku qonah dan tasamuh.

4.3. Membiasakan perilaku qonaah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
Sifat terpuji
-  Siswa membaca dan menelaah materi tentang  Qonaah dan tasamuh.

-   Siswa berdiskusi tentang Qonaah dan Tasamuh.

-  Siswa membaca dalil tentang Qonaah dan Tsamauh.









1.   Menjelaskan pengertian Qonaah.
2.   Menjelaskan pengertian Tasamuh (toleransi )
3.   Menunjukan , membaca,mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang qonaah dan rasamuh

4.   Menunjukkan contoh perilaku  atau sikapQonaah.
5.   Menunjukkan contoh perilaku atau sikap tasamuh.
6.   Menjelaskan fungsi qonaah dan tasamuh  ( toleransi )

7.   Membiasakan perilaku Qonaah dalam kehidupan sehari-hari.
8.   Membiasakan  perilaku Tasamuh dalam kehidupan sehari-hari
Ulangan



Tugas




Kuis



Ulangan


Tugas
Tes tulis



Tugas Individu



Tanya jawab


Tes Tulis


Tugas individu
Uraian



Unjuk kerja




Jawaban singkat


Uraian


Portofolio
-  Jelaskan pengertian Qonaah dan Tasamuh.
-  Tulislah dalail baqli tentang Qonaah dan tasamuh.

-  Sebutkan contoh Qonaah dan Tasamuh.

-  Jelaskan fungsi Qonaah dan Tasamuh.
-  Apa yang sudah kamu lakukan berkaitan dengan sikap Qonaah dan Tasamuh.
2 x Pertemuan
(4 Jam Pel )
Buku Materi Akhlaq

Buku PAI Kelas IX

Standar Kompetensi   (Fiqih)            : 5. Memahami Hukum Islam Tentang Penyembeliahn Hewan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
5.1. Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.







5.2. Menjelaskan ketentuan Aqiqoh dan Qurban.




5.3.Memperagakan cara menyembelih hewan  Aqiqoh dan Qurban.
Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban
-  Siswa membaca dan menelaah Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban materi tentang  .

-  Siswa berdiskusi tentang. Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban

-  Siswa membaca dalil tentang Penyembelihan hewan Aqiqoh dan Qurban.



Siswa mempraktekan menyembelih hewan.
1.        Menyebutkan syarat orang yang sah  menyembelih  hewan.
2.        Menyebutkan syarat binatang yang disembelih.
3.        Menyebutkan  syarat  alat yang  boleh digunakan untuk menyembelih hewan.
4.        Menyebutkan sunnah dalam menyembelih hewan

5.        Menjelaskan pengertian aqiqah dan kurban.
6.        Menjelaskan hukum dan syarat  aqiqoh dan kurban.
7.        Menjelaskan ketentuan dan waktu aqiqah dan kurban.
8.        Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil aqiqah.
9.        Menjelaskan fungsi aqiqoh dan kurban

10.    Mempraktekkan cara memyembelih hewan aqiqah dan hewan kurban
Ulangan










Ulangan











Tugas
Tes tulis










Tes tulis











Tugas kelompok
Uraian










Uraian











Praktek
- Sebutkan sarat  orang yang  menyembelih .
- Sebutkan sarat binatang yang boleh di  sembelih.

- Sebutkan sunah menyembelih

- Jelaskan pengerian Aqiqoh dan Kurban


- Sebutkan dalil aqiqoh dan kurban



- Praktek menyembelih newan.
2 x pertemuan
( 4 Jam Pel )
Fiqih Sunnah

Buku PAI Kelas IX


Standar Kompetensi (Fiqih)              : 6. Memahami Hukum Islam Tentang Haji Dan Umroh.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
            Menyebutkan pengertian dan ketentuan Haji dan Umroh.














6.2   Memperagakan pelaksanaan ibadah Haji dan Umroh.
Haji dan Umroh.
Siswa mebca dan menelaah materi  tentang Haji dan Umroh.

Siswa berdiskusi tentang Haji dan Umroh.

Siswa membaca dalil naqli Haji dan Umroh.

Siswa menghafal talbiyah.







Siswa memperagakan Hajidan Umroh.
1.       Menjelaskan pengertian dan hukum Haji.
2.       Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Haji.
3.       Menyebutkan larangan-laranganm selama ibadah Haji.
4.       Menjelaskan macam-macam cara  mengerjakan Haji.
5.       Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Haji
6.       Menjelaskan pengertian dan hukum Unroh..
7.       Menyebutkan syarat, rukun, wajib dan sunah Umroh..
8.       Menyebutkan larangan-larangan selama ibadah  Umroh.
9.       Menunjukan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli  Umroh
10.   Mempragakan  pelaksanaan Ibadah Haji.
11.   Memperagakan pelaksanaan Ibadah  Umroh
Ulangan








Tugas


Ulangan






Tugas
Tes Tulis







Tugas individu

Tes tulis






Tugas individu
Uraian








Menghafal


Uraian






Menghafal
- Jelaskan pengrtian Haji.
- Sebutkan syarat dan rukun Haji.
- Sebutkan larangan haji.
- Apa Haji Ifrot,Tamatu’dan kiron.
- Hafalkan dalil Haji.

- Jelaskan pengertian Umroh
- Sebutkan rukun Umroh.


- Hafalkan dalil Umroh !
3 x Pertemuan
( 6 Jam Pel )
Fiqih Sunah.

Buku Petunjuk Haji.

Buku PAI Kelas IX.


Standar Kompetensi (Tarikh)                   : 7. Memahami Sejarah Perkembangan Islam  Di Nusantara.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
7.1.Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial dan pengajaran.7.2.    Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa,Sumatra, dan sulawesi.

Sejarah perkembangan Islam di Nusantara.
-Siswa membaca dan menelaah materi Sejarah masuknya Islam di Nusantara .

-Siswa membaca dan menelaah sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa,Sumatra, dan sulawesi
1.        Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui perdagangan
2.        Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui sosial.
3.        Menceritakan sejarah masuknya Islam  di Nusantara melalui pengajaran

4.        Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa.
5.        Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sumatra .
6.        Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di  Sulawesi .
Ulangan
Tes tulis
Uraian
- Jelaskan Islam masuk di Nusantara melalui               a. Pedagangan.
   b. Sosial .
   c. Pengajaran.





- Sebutkan salah satu kerajaan Islam di :
   a. P.Jawa.
   b. P.Sumatra.
   c. Sulawesi
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
Sejarah Islam.

Kebudayaan Islam

Buku PAI Kelas IX
                                                                                                                                                                                   
                

PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

MATA PELAJARAN                                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER                                    : IX / GENAP

 Standar Kompetensi (Al-Qur’an)    : 8. Memahami Al-Qur’an Surat Al-Insyiroh .

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
8.1. Menampilkan bacaan Qs. Al Insyiroh dengan tartil dan benar.




3.2. Menyebutkan arti Qs. Al Insyiroh.





3.3. Mempraktikan perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah.
Qs.Al Insyiroh
- Siswa membaca Qs.Al Insyiroh.

- Siswa menyalin Qs.Al Insyiroh.

- Siswa menghafal Qs. Al Insyiro.

- Siswa mengartikan Qs. Al Insyiroh.

- Siswa berdiskusi untuk memahami Qs. Al Insyiroh ayat 7 dan 8 .
1.  Membaca Qs. At Insyiroh dengan benar , Tartil    dan lancar.
2.  Menyalin, menghafal dan mengartikan Qs.At Insyiroh dengan  baik dan benar.
3.  Mengartikan Qs At Insyiroh setiap ayat dan setiap kalimat dengan benar.
4.  Bekerja keras, sungguh-sungguh dan disiplin  sampai tuntas dengan ihlas di  bidang apapun, kemudian apabila telah selesai  baru pindah untuk melakukan  pekerjaan lain dengan sungguh-sungguh dan disiplin sampai tuntas  dengan ihlas pula.
5.  Berjiwa tawakal jika telah selesai melakukan pekerjaan  sehingga apabila behasil tidak sombong dan jika gagal tidak putus asa
Tugas







Ulangan









 Ulangan
Tugas individu






Tes tulis









Tes tulis
Unjuk kerja


Unjuk kerja

Unjuk kerja


Uraian









Uraian
- Bacalah Qs.Al Insyiroh.

- Salinlah Qs.Al Insyiroh.
- Hafalkanlah Qs.Al Insyiroh.

- Artikan Qs.Al-Insyiroh








- Pelajaran apa yang dapat di ambil Qs Al Insyiroh ayat 7 dan 8.
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
-Qur’an Tarjamah

Buku PAI Kelas IX


Standar Kompetensi  (Al-Hadits)     : 9. Memahani Ajaran Al-Hadits Tentang Kebersihan .

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran

Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
9.1.  Membaca Hadits tentang kebersihan .







9.2.  Menyebutkan arti Hadits tentang kebersihan.





9.3   Menampilkan prilaku bersih seperti dalam Hadits.
Hadits tentang kebersihan
- Siswa membaca Hadits tentang kebersihan.

- Siswa menyalin Hadits tentang kebersihan.

- Siswa menghafal Hadits tentang kebersihan .

- Siswa mengartikan Hadits tentang kebersihan


- Siswa membiasakan diri menjaga kebersihan..


1.  Membaca Hadits tentang kebersihan.  benar , Tartil    dan lancar.
2.  Menyalin Hadits tentang kebersihan.   dengan  baik dan benar.
3.  Menghafal Hadits tentang kebersihan.   dengan benar,fasih dan lancar.
4.  Mengartikan Hadits tentang kebersihan setiap suku kata dengan benar.
5.  Mengartikan Hadits tentang kebersihan. setiap kalimat dengan benar.
6.  Mengartikan Hadits tentang kebersihan secara keseluruhan  dengan benar

7.  Menjelaskan makna yang terkandung  dalam Hadits tentang menuntut Ilmu
8.  Menerapkan  ajaran yang terkandung  dalam  Hadits dalam kehidupan sehari-hari
Tugas








Kuis





Ulangan




Tugas individu







Tanya jawab




Tes tulis
Unjuk kerja








Jawab singkat




Uraian
- Bacalah hadis tentang kebersihan
- Salinlah hadis tentang kebersihan
- Hafalkan hadis tentang kebersihan.
- Apa artinya  potongan hadis




- Artikan hadis tentang kebesihan.

- Jelaskan manfaat hidup bersih
2 X p
( 4 jampel )




Standar Kompetensi   (Aqidah)                   : 10. Meningkatkan Keimanan Kepada Qodlo’ Dan Qodar. 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
10.1.Menyebutkan  ciri-ciri beriman kepada Qodlo dan Qodar.


10.2.Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar




.

10.3.Menyebutkan contoh Qodlo’ dan Qopdar dalam kehidupan  sehari-hari .



10.4.Men yebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang bekaitan dengan Qodlo’ dan Qodar.
Qodlo’ dan Qodar
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang beriman kepada qodlo’ dan qodar.

- Siswa berdiskusi tentang beriman kepada qodlo’ dan qodar.

- Siswa Menjelaskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar.

- Siswa menyebutkan contoh Qodlo’ dan Qopdar.

- Siswa membaca dan menyalin dalil qodlo’ dan qodar.
1.   Menjelaskan pengertian Qodlo’ dan Qodar.
2.   Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada Qodlo’ dan Qodar..
3.   Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar Menje laskan hubungan antara Qodlo’ dan Qodar.
4.   Menjelaskan perbedaan  takdir mubrom  dengan takdir mualaq
5.   Menyebutkan contoh-contoh Qodlo’ dan Qodar     dalam kehidupan sehari-hari.
6.   Menyebutkan fungsi beriman kepada Qodlo’dan Qodar
7.   Menyebutkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodar.
8.   Membaca  dan mengartikan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodar.
9.   Menghafalkan ayat-ayat Al Qur’an yang berkaitan dengan  Qodlo’dan Qodar

Ulangan



















Tugas
Tes tulis



















Tugas Individu
Uraian



















Membaca


Menghafal
- Jelaskan pengertian Qodo’ dan Qodar !
- Sebutkan ciri-ciri Qodho’ dan Qodar
- Jelaskan fungsi beriman kepada Qadha’ dan Qodar !



- Sebutkan contoh takdir Mu’allaq dan Mubrom !





- Bacalah dalil tentang Qadha’ dan Qodar !
- Hafalkan salah satu ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Qodlo’ dan Qodar.
3 X p
( 6 jampel

Standar Kompetensi   (Akhlaq)                  : 11. Menghindari Perilaku Tercela.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11.1.Menyebutkan pengertian takabur
.






11.2.Menyebutkan contoh perilaku takabur.




11.3.Menghindari prilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.
Sifat Tercela
-     Siswa membaca dan menelaah materi tentang sifat tercela.

-     Siswa berdiskusi tentang sifat tercela

-     Siswa membiasakan menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari

1.  Menjelaskan pengertian takabur.
2.  Menyebutkan ciri-ciri takabur.

3.  Menyebutkan, membaca , mengartikan dan menghafal  dalil yang berkenaan dengan  takabur.

4.  Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur dalam kehidupan  sehari-hari.
5.  Menjelaskan bahaya atau akibat dari  sikap takabur.


6.  Menjelaskan cara –cara menghindari sikap dan  perilaku takabur
7.  Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan bermasyrakat
Ulangan




Tugas




Kuis
Tes Tulis



Tugas Individu



Tanya Jawab
Uraian




Membaca




Jawaban Singkat
-       Jelaskan pengertian takabur !
-       Sebutkan ciri-ciri takabur !
-       Bacalah dalil yang berkenaa dengan sifat takabur !

-       Sebutkan contoh perilaku takabur !




-       Bagaimana cara menghindari sikap takabur ! 

1 X p
(2jampel )


Standar Kompetensi  (Fiqih)              : 12. Memahami Tacara Berbagai Sholat Sunnah .

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
12.1. Menyebuthan pengertian dan ketentuan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.



12.2. Menyebutkan contoh sholat sunnah berjamaah dan munfarid.




12.3 Mempraktekan sholat sunah bejamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
Sholat Sunnah
-       Siswa membaca dan menelaah materi tentang Shalat sunah

-       Siswa berdiskusi tentang shalat sunah

-       Siswa mempraktekkan shalat sunah

1.  Menyebutkan pengertian berbagai sholat sunnah berjamaah  dan munfarid. 
2.  Macam-macam  sholat sunnah berjamaah  dan munfarid
3.  Ketentuan dan waktu  sholat sunnah berjamaah  dan munfarid
4.  Menyebutkan sholat sunnah yang harus dikerjakan secara berjamaah.
5.  Menyebutkan sholat sunnah yang  dikerjakan secara munfarid
6.  Menyebutkan sholat sunnah yang boleh dikerjakan secara berjamaah atau munfarid
7.  Mempraktikan sholat sunnah berjamaah dan munfarid.
8.  Membiasakan melakukan sholat sunnah dalam kehidupan sehari-hari
Ulangan

















Tugas
Tes Tulis
















Tugas Individu

Uraian

















Unjuk Kerja
-       Sebutkan macam-macam shalat sunah yang dilakukan secara berjama’ah !












-       Praktekkan shalat sunah Duha !


2 X p
( 4 jampel )


Standar Kompetensi (Tarikh)          : 13. Memahami Sejarah Tradisi Islam Nusantara.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
13.1. Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam


.








13.2. Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara.
seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam


- Siswa membaca dan menelaah materi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.

- Siswa berdiskusi tentang seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.

- Siswa mengapresiasikan tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara.




1.   Menyebutkan berbagai macam seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.
2.   Menceritakan salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam








3.   Mengapresiasikan terhadap tradisi dan  upacara  adat kesukuan  Nusantara
4.   Melakukan cara menghargai terhadap tradisi  dan upacara  adat kesukuan  Nusantara
Ulangan














Tugas
Tes Tulis













Tugas Kelompok
Uraian














Performance
-       Sebutkan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam !

-       Jelaskan secara singkat salah satu seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam !



Tunjukkan tradisi dan upacara adat kesukuan nusantara !
2Xp
( 4 Jampel )


                                                                                                                                                                                                                                                                                  
                                                                                                                                                                                                                            



Komentar