PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER : VIII/ GANJIL
STANDAR KOMPETENSI (AL-QUR’AN) : 1. Merapkan Hukum Bacan Qolqolah Dan Ro
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
| |
1.1. Menjelaskan hukum bacaan Qolqolah dan Ro.
1.2. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah dan Ro dalam bacan surat-surat Al Qur’an.
|
Qolqolah dan Ro
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang hukum bacaan Qolqolah dan Ro
- Siswa mendisusikan materi tentang hukum bacaan Qolqolah dan Ro
- Siswa mempraktekan hukum bacaan Qolqolah dan Ro dalam bacan surat-surat Al Qur’an.
|
1. Menjelaskan hukum bacaan Qolqolah
2. Menyebutkan huruf qolqolah
3. Menunjukan contoh bacaan
4. qolqolqh sughro dan kubro
5. Menjelaskan hukum bacaan tafkhim dan tarqiq pada huruf Lam dan Ro’
6. Menunjukan contoh bacaan Lam tarqiq dan Lam tafkhim.
7. Menunjukan contoh bacaan Ro tarqiq dan Ro tafkhim
8. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah sughro dan kubro dalam bacaan surat-surat Al Qur’an
9. Menerapkan hukum bacaan Lam tarqiq dan Lam tafkhim dalam bacaan surat-surat AlQur’an.
10. Menerapkan hukum bacaan Qolqolah, Lam dan Ro dalam bacaan surat-surat Al Qur’an
|
Ulangan
Kuis
Tugas
|
Tes Tulis
Tanya Jawab
Tugas Kelompok
|
Uraian
Jawaban singkat
Portofolio
|
- Jelaskan hukum bacaan qalqalah !
- Sebutkan huruf qalqalah !
- Buatlah contoh bacaan qalqalah !
- Jelaskan apa yang dimaksud tafkhim dan tarqiq !
- Buatlah contoh bacaan Lam dan Ro’ Tarqiq !
- Carilah hukum bacaan qalqalah, pada surat at- Tiin dan al-Qadr
- Carilah hukum bacaan lam dan ro’ tarqiq dan tafkhim pada surat at-Tiin dan al-Qadr !
|
3 X Pertemuan (6 Jam Pelajaran)
|
Bukyu Tajwid
Juz Amma
Buku PAI Kelas VIII
|
STANDAR KOMPETENSI (AQIDAH) : 2. Meningkatkan Keimanan Kepada Kitab-Kitab Allah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
2.1. Menjelaskan pengetian beriman kepada Kitab-kiab Allah
.
2.2. Menyebutkan nama Kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rosul.
2.3. Menampilkan sikap mencintai Al Qur’an sebagai kitab Allah.
|
Iman kepada Kitab Allah
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Iman kepada kitab Allah
- Siswa mendisusikan materi tentang Iman kepada kitab Allah
- Siswa menampilkan sikap mencintai al-Qur’an sebagai kitab Allah
|
1. Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.
2. Menjelaskan pengertian Kitab dan Suhuf.
3. Menjelaskan cara beriman kepada kitab-kitab Allah
4. Menyebutkan nama kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada Rosul .
5. Menyebutkan para Rosul yang menerima kitab dan suhuf dari Allah
6. Menunjukan , membaca, mengartikan dan menghafal ayat-ayat Al Qur’an yang bekaitan dengan kitab-kitab Allah.
7. Menjelaskan sejarah turunnya Al Qur’an.
8. Menjelaskan kandungan Al Qur’an.
9. Menjelaskan keutamaan Al Qur’an.
10. Menjelaskan fungsi beriman kepada kitabAllah.
11. Membiasakan diri membaca Al Qur’an setiap selesai sholat fardlu.
12. Menggemari menghafalkan surat-surat Al Qur’an yang pendek. Aktif dalam kegiatan khotmil Qur’an
|
Ulangan
Tugas
Ulangan
Tugas
|
Tes Lisan
Tugas indivdu
Tes Lisan
Tugas Individu
|
Uraian
Membaca
Uraian
Menghafal
|
Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah !
Sebutkan kitab suci yang diturunkan kepada Rosul !
Bacalah dalil naqli yang berkaitan dengan kitab-kitab Allah !
Jelaskan sejarah turunnya Al-Qur’an !
Jelaskan keutamaan Al Qu’an
Hafalkan surat-surat pendek pada juz Amma !
|
2 x Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
|
Aqidah Islam
Al-Qur’an dan Terjemahnya
Buku PAI Kelas VIII
|
STANDAR KOMPETENSI (AKHLAQ) : 3. Membiasakan Perilaku Terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
3.1. Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakan.
3.2. Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal.
3.3. Membiasakan perilaku zuhud dan tawkal dalam kehidupan sehari-hari.
|
Sifat Terpuji
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Sifat Terpuji
- Siswa mendisusikan materi tentang
Sifat Terpuji
- Siswa membiasakan peilaku zuhud dan tawakal
|
1. Menjelaskan pengertian
zuhud dan tawakal.
2. Menyebutkan dalil zuhud dan tawakal
3. Menunjukan contoh perilaku zuhud .
4. Menunjukan contoh perilaku tawakal
5. Membiasakan perilaku zuhud dalam kehidupan sehari-hari
6. Membiasakan perilaku tawakal setelah .
Melakukan ihtiar dalam kehidupan sehari-hari.
7. Menjelaskan manfaat berlaku zuhud dan tawakal.
|
Ulangan
Kuis
Ulangan
|
Tes Tulis
Tanya Jawab
Tes tulis
|
Uraian
Jawaban singkat
Uraian
|
- Jelaskan pengertian zuhud dan tawakal !
- Tunjukkan bagaimana contoh zuhud dan tawakal !
- Jelaskan manfaat berlaku zuhud dan manfaat !
|
1 X pertemuan (2 Jam pelajaran)
|
Nashaihul Ibad
Materi Akhlak
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Akhlaq) : 4. Menghindari Perilaku Tercela.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
4.1. Menjelaskan pengertian ananiah, ghodlob, hasud, ghibah dan namimah.
4.2. Menjelaskan contoh-cotoh peilaku ananiah, ghodlob, hasud, ghibah dan namimah.
4.3. Menghindari peilaku ananiah, ghodlob, hasud, ghibah dan namimah.
Dalamkehidupan sehari-hari.
|
Sifat tercela
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Sifat Tercela
- Siswa mendisusikan materi tentang
Sifat Tercela
- Siswa membiasakan menghindari sifat tercela
|
1. Menjelaskan pengertian
a. Ananiah ( egois ).
b. Ghodlob ( marah ).
c. Hasud ( dengki ).
d. Ghibah (mengumpat ).
e. Namimah ( adu domba )
2. Menunjukan contoh perilaku
a. Ananiah ( egois ).
b. Ghodlob ( marah ).
c. Hasud ( dengki ).
d. Ghibah (mengumpat ).
e. Namimah ( adu domba )
3. Menghindari perilaku
a. Ananiah ( egois ).
b. Ghodlob ( marah ).
c. Hasud ( dengki ).
d. Ghibah (mengumpat)
e. Namimah ( adu domba ).
4. Menjelaskan manfaat menghindari sifat-sifat tercela.
|
Ulangan
Kuis
|
Tes Lisn
Tanya Jawab
|
Uraian
Jawaban singkat
|
- Jelaskan pengertian Ananiah !
- Berikan contoh perilaku Namimah !
- Bagaimana cara menghindari sifat Ghodlob !
- Jelaskan manfaat menghindari sifat tercela !
|
2 X Pertemuan (4 Jam pelajaran)
|
Nashaihul Ibad
Materi Akhlak
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 5. Mengenal Tata Cara Sholat Sunnah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
5.1. Menjelaskan ketentuan sholat sunah rowatib.
5.2. Mempraktikan sholat sunah roatib.
|
Sholat Sunnah
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang sholat sunah rowatib
- Siswa mendisusikan materi tentang
sholat sunah rowatib
- Siswa mempraktekkan shalat sunah rowatib
|
1. Menjelaskan pengertian sholat sunnah rowatip .
2. Menjelaskan macam dan
waktu sholat sunnah rowatib
3. Menyebutkan, membaca , mengartikan dan menghafal dalil yang berkenaan dengan sholat sunnah rowatip.
4. Mempraktekan sholat sunnah rowatip .
5. Membiasakan melakukan sholat sunnah rowatip setiap hari.
|
Ulangan
Kuis
Tugas
Tugas
|
Tes Tulis
Tanya Jawab
Tugas individu
Tugas Individu
|
Uraian
Jawaban singkat
Unjuk kerja
Praktek
|
- Jelaskan pengertia shalat Rowatib !
- Tunjukkan waktu pelaksanaan sholat rowatib !
- Bacalah dalil naqli tentang sholat sunnah.
- Praktekkan shalat sunah rowatib !
|
2 X Pertemuan (4 Jam pelajaran)
|
Tuntunan Shalat
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Fiqih ) : 6. Memahami Macam – Macam Sujud.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
6.1. Menjelaskan pengetian sujud syukur, sahwi dan tilawah.
5.2. Menjelaskan tatacara sujud syukur, sahwi dan tilawah.
6.3. Mempraktekan sujud syukur, sahwi dan tilawah.
|
Sujud
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang sujud
- Siswa mendisusikan materi tentang
sujud
- Siswa mempraktekkan sujud
|
1. Menjelaskan pengertian sujud syukur , sujud sahwi dan sujud tilawah .
2. Menyebutkan syarat dan rukun sujud syukur , sujud sahwi dan sujud tilawah
3. Menghafal bacaan sujud syukur, sujud sahwi dan sujud tilawah
4. Menjelaskan tata cara sujud syukur , sujud sahwi dan sujud tilawah.
5. Menjelaskan waktu sujud syukur , sujud sahwi dan sujud tilawah
6. Mempraktekan sujud syukur , sujud sahwi dan sujud tilawah.
7. Membiasakan melakukan sujud syukur jika mendapat nikmat dari Allah.
8. Membiasakan melakukan sajud sahwi jika ada kelupaan salah satu rukun sholat.
9. Membiasakan melakukan sujud tilawah jika menjumpai ayat sajadah ketika membaca Al Qur’an.
|
Ulangan
Ulangan
Kuis
Tugas
|
Tes Tulis
Tes Lisan
Tanya Jawab
Tugas individu
|
Uraian
Menghafal
Jawaban singkat
Praktek
|
- Jelaskan Pengertian sujud sahwi !
- Hafalkan bacaan sujud syukur !
- Jelaskan tata cara sujud tilawah !
- Kapan waktu pelakanaa sujud sahwi ?
- Praktekkan tata cara sujud syukur !
|
2 X Pertemuan (4 jam Pelajaran)
|
Tuntunan Shalat
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 7. Memahami Tata Cara Puasa.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
7.1. Menjelaskan ketentuan puasa wajib.
7.2. Mempraktekan puasa wajib.
7.3. Menjelaskan ketentuan puasa sunnah senin kamis, syawal dan arofah.
7.4. Mempraktekan puasa sunnah senin kamis, syawal dan arofah.
|
Puasa
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang puasa
- Siswa mendisusikan materi tentang
puasa
- Siswa menerapkan puasa wajib
|
1. Menjelaskan pengertian puasa wajib.
2. Menjelaskan syarat dan rukun puasa.
3. Menyebutkan macam–macam puasa wajib.
4. Menyebutkan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.
5. Menyebutkan amalan sunah dalam puasa
6. Menjelaskan oarng –orang yang boleh tidak berpuasa.
7. Menyebutkan waktu yang diharamkan puasa
8. Menjelaskan hikmah atau fungsi puasa wajib dalam kehidupan .
9. Menunjukan ,membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan puasa wajib,
10. Melakukan puasa wajib di bulan romadlon dengan benar dan ihlas sebulan penuh.
11. Melakukan puasa wajib yang lain seperti puasa nadzar dan puasa kifarot dengan benar dan ihlas sesuai dengan ketentuan
12. Menjelaskan pengertian puasa sunnah.
13. Menjelaskan ketentuan puasa sunnah senin kamis, syawal dan arofah .
14. Menyebutkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan puasa sunnah senin kamis, syawal dan arofah
15. Melakukan puasa sunnah senin – kamis.
16. Merlakukan puasa sunnah 6 hari di awal bulan syawal.
17. Melakukan puasa sunnah arofah di bulan dzul hijjah.
|
Ulangan
Kuis
Tugas
Tugas
Ulangan
Tugas
Praktek
|
Tes Tulis
Tanya Jawab
Tugas individu
Tugas Individu
Tes Tulis
Tugas Individu
Tugas Individu
|
Uraian
Jawaban singkat
Menghafal
Melakukan
Uraian
Menyalin
Pembiasaan
|
- Jelaskan pengertian puasa wajib !
- Sebutkan hal-hal yang membatalkan puasa !
- Sebutkan waktu-waktu yang diharamkan untuk puasa !
- Hafalkan surat al-Baqarah ayat 183 !
- Lakukan puasa Ramadhan dengan benar dan ikhlas !
Jelaskan pengertian puasa sunah !
Salinlah dalil naqli tentan puasa sunah !
Biasakan melaksanakan puasa sunah senin kamis !
|
2 X Pertemuan (4 Jam pelajaran)
|
Fiqih Sunnah
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 8. Memahami Zakat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
8.1. Menjelaskan pengertian zakat mal dan zakat fitrah.
8.2. Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.
8.3. Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat mal dan zakat fitrah
.8.4. Mempraktekan pelaksanaan zakat mal dan zakat fitrah.
|
Zakat
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Zakat
- Siswa mendisusikan materi tentang
Zakat
- Siswa mempraktekkan zakat mal dan fitrah
|
1. Menjelaskan pengertian zakat mal.
2. Menjelaskan hukum, syarat dan rukun zakat mal. zakat mal .
3. Menjelaskan orang yang wajib membayar zakat.
4. Menyebutkan orang yang berhak menerima zakat .
5. Menjelaskan pengertian dan hukum zakat fitrah.
6. Menyebutkan syarat ,rukun dan waktu zakat fitrah.
7. Menunjukan dalil naqli , membaca mengartikan dan menghafal dalil naqli yang berkaitan dengan zakat fitrah
8. Membedakan antara zakat mal dengan zakat fitrah .
9. Menyebutkan orang yang berhak menerima zakat mal.
10. Menyebutkan orang yang berhak menerima zakat fitrah
11. Mempraktekan pelaksanaan zakat fitrah dan zkat mal.
|
Ulangan harian
Kuis
Tugas
|
Tes Tulis
Tanya Jawab
Tugas Individu
|
Uraian
Jawaban singkat
Praktek
|
- Jelaskan pengertian zakat Mal !
- Sebutkan orang yang berkewajiban mengeluarkan zakat mal !
- Sebutkan syarat dan rukun dan waktu mengeluarkan zakat fitrah !
- Sebutkan orang yang berhak menerima zakat mal !
- Praktekkan cara membayar zakat fitrah !
|
2 x Pertemuan (4 jam Pelajaran)
|
Fiqih Sunnah
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Tarikh) : 9. Memahami Sejarah Nabi.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
9.1. Menceritakan sejarah Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegitan ekonomi dan pedagangan .
9.2. Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah.
|
Sejarah Nabi Muham mad
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Sejarah nabi Muhammad SAW
- Siswa mendisusikan materi tentang
sejarah nabi Muhammad SAW
- Siswa meneladani perjuangan nabi dan para sahabat
|
1. Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi .
2. Menceritakan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan perdagangan
3. Menceritakan perjuangan Nabi dan para Sahabatnya di Madinah.
4. Meniru kegigihan Nabi dan para sahabatnya di dalam perjuangan untuk menegakan kebenaran dan meraih cita-cita.
|
Tugas
Tugas
|
Tugas Individu
Tugas kelompok
|
Unjuk Kerja
Portofolio
|
- Terangkan dengan singkat di depan teman-temanmu, tentang perjuangan nabidalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan !
-Diskusikan bersama teman-ttg. kegigihan perjuangan nabi dan para sahabatnya dl.menegakkan kebenaran dan meraih cita-cita.
|
1 X Pertemuan (2 jam Pelajaran)
|
Sejarah Islam
Buku PAI Kelas VIII
|
PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER : VIII/ GENAP
Standar Kompetensi (Al-Qur’an) : 10. Memahami Hukum Bacaan Mad Dan Waqof.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqof
.
10.2.Menunjukan hukum bacaan Mad dan Waqof dalam bcaan surat Al Qur’an
10.3.Mempraktekan hukum bacaan Mad dan Waqof dalam bcaan surat Al Qur’an
|
Mad dan Waqof
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang hukum bacaan Mad dan Waqaf
- Siswa mendisusikan materi tentang
hukum bacaan Mad dan Waqaf
- Siswa mempraktekkan hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat al-Qur’an
|
1. Menjelaskan pengertian dan hukum bacaan mad.
2. Menyebutkan macam-macam bacaan mad dan cara membacanya.
3. Menyebutkan tanda bacaan mad
4. Menjelaskan pengertian dan hukum bacaan waqof.
5. Menyebutkan tanda bacaan waqof
6. Menunjukan contoh hukum bacaan mad dalam Al Qur’an.
7. Menunjukan contoh hukum bacaan waqof dalam Al Qur’an .
8. Mempraktikan bacaan mad dalam Al Qur’an .
9. Mempraktikan bacaan waqof dalam Al Qur’an .
|
Ulangan
Kuis
Tugas
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas kelmpok
Tugas Individu
|
Uraian
Jawaban singkat
Unjuk Kerja
|
- Jelaskan pengertian hukum bacaan mad dan waqaf !
- Sebutkan macam-macam tanda waqaf !
- Carilah bacaan Mad dan Waqof pada Qs.Al Qodar
Praktekkan hukum bacaan mad dan waqaf dalam surat-surat Al-Qur’an !
|
2 X Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
2 jam Tes
|
Ilmu tajwid
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Aqidah) : 11. Meningkatkan Keimanan Kepada Rosul Allah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rosul Allah
.11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rosul Allah.
Meneladani sifa-sifatt Rosul Allah
11.3.Meneladani sifat-sifat Rosul.
|
Iman kepada Rosul
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Iman kepada Rosul
- Siswa mendisusikan materi tentang
Iman kepada Rosul
- Siswa meneladani sifat-sifat Rosul
|
1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Rosul Allah.
2. Menjelaskan tugas-tugas Rosul .
3. Menjelaskan perbedaan Rosul Ulul Azmi dengan Rosul lain.
4. Menunjukan , membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang beriman kepada Rosul .
5. Menjelaskan fungsi beriman kepada Rosul
6. Menyebutkan nama Rosul Allah
7. Menyebutkan mu'jizat para Rosul Allah.
8. Menyebutkan sifat-sifat Rosul Allah
|
Ulangan
Tugas
Kuis
Tugas
|
Tes tulis
Tugas Individu
Tanya Jawab
Tugas Individu
|
Uraian
Menulis
Jawaban singkat
Portofolio
|
- Sebutkan tugas-tugas Rosul !
- Salinlah dalil naqli tentang iman kepada Rosul !
- Sebutkan nama-nama Rosul yang wajib di imani
- Sebutkan sifat-sifat Rosul !
- Diskusikan dengan kelompokmu tentang keteladanan Rosulullah !
|
2 X Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
2 jam ulangan
|
Aqidah Islam
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Akhlaq) : 12. Membiasakan Perilaku Terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
12.1. Menjelaskan adab makan dan minum
.
12.2. Menampilkan contoh adab makan dan minum.
1.3.3. Mempraktekan adab makan dan minum.
|
Sifat teruji
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang sifat terpuji
- Siswa mendisusikan materi tentang
sifat terpuji
- Siswa menampilkan contoh adab makan dan minum
- Siswa mempraktekan adab makan dan minum
|
1. Menjelaskan adab makan dan minum .
2. Menunjukan,membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang makan dan minum.
3. Menghafal do’a sebelum dan sesudah makan dan minum.
4. Menampilkan contoh adab makan dan minum.
5. Mempraktikan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
|
Ulangan
Tugas
Kuis
|
Tugas Individu
Tanya jawab
|
Unjuk kerja
Jawaban singkat
Unjuk kerja
|
- Jelaskan adab makan dan minum !
- Bacalah dalil naqli tentang makan dan minum !
- Hafalkan doa sebelum makan !
- Bagaimana adab makan dan minum yang sesuai dengan tuntunan Islam !
|
2 X Pertemuan (4jam pelajaran)
2 Jam Ulanagn
|
Materi Akhlak
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Akhlaq) : 13. Menghindari Perilaku Tercela.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
13.1. Menjelaskan pengertian prilaku
dendan dan munafik.
13.2. Menjelaskan ciri-ciri prilaku dendam dan munafik
13.3. Menghindari perilaku dendam dan munafik.
|
Sifat Tercela
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang sifat tercela
- Siswa mendisusikan materi tentang
sifat tercela
- Siswa mempraktekan cara menghindari perilaku dendam dan munafik
|
1. Menjelaskan pengertian perilaku dendam
2. Menjelaskan bahaya dendam.
3. Menunjukan hadis tentang perilaku dendam
4. Menjelaskan pengertian perilaku munafiq.
5. Menjelaskan bahaya perilaku munafik
6. Menunjukan dalil naqli tentang perilaku munafik.
7. Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.
8. Menjelaskan cara menghindari sifat pendendam dan munafik
|
Ulangan
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Individu
|
Uraian
Menghafal
|
- Jelaskan pengertian dendam dan munafik !
- Hafalkan dalil naqli tentang perilaku munafik
|
2 X Pertemuan (4 Jam pelajaran)
2 Jam ulangan
|
Materi Akhlak
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompesi (Fiqih) : 14. Memahami Hukum Islam Tentang Hewan Sebagai Sumber Bahan Makanan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
14.1. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram di makan.
14.2. Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang di haramkan.
|
Hewan sebagai sumber makanan
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang hewan sebagai sumber makanan
- Siswa mendisusikan materi tentang
hewan sebagai sumber makanan
|
1. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
2. Menjelaskan manfaat binatang yang di halalkan.
3. Menunjukan , membaca, mengartikan dan menghafalkan dalil naqli tentang binatang yang di halalkan
4. Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
5. Menjelaskan madlorot binatang yang di haramkan
6. Menunjukan , membaca, mengartikan dan menghafalkan dalil naqli tentang binatang yang di haramkan.
7. Mengindari makanan yang bersumber dari binatang yang di haramkan
|
Ulangan
Tugas
|
Tes tulis
Tugas individu
|
Uraian
Membaca
|
- Sebutkan jenis-jenis hewan yang halal di makan !
- Jelaskan manfaat binatang yang di halalkan !
- Sebutkan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
- Bacalah dalil naqli tentang binatang yang di haramkan !
|
2 X Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
2 Jam ulangan
|
Fiqih Sunah
Buku PAI Kelas VIII
|
Standar Kompetensi (Tarikh) : 15. Memahami Sejarah Dakwah Islam.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
15.1. Menceritakan sejarah pertumbuan ilmu pengetahuan Islam sampai massa Daulah Abasiyah.
15.2. Menyebutkan tokoh Ilmuan Muslim dan peranyan sampai maa daulah Abasiyah.
|
Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan Islam
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Pertumbuhan Ilmu pengetahuan Islam
- Siswa mendisusikan materi tentang
pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam
|
1. Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abasiyah
2. Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abasiyah
|
Tugas
Ulangan
|
Tugas individu
Tes Tulis
|
Unjuk kerja
Uraian
|
- Ceritakan di depan teman-temanmu sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abasiyah !
- Sebutkan tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abasiyah !
|
2 X Pertemuan (4 Jam Pelajaran )
2 jam UH.
|
Sejarah Kebudayaan Islam
Buku PAI Kelas VIII
|
Komentar
Posting Komentar