PENGEMBANGAN SILABUS DAN SITEM PENILAIAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER : VII / GANJIL
STANDAR KOMPETENSI (AL-QUR’AN) : 1. Menerapkan Hukum Bacaan ”Al” Syamsiyah Dan ”Al” Qomariyah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1.1. Menjelaskan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
1.2. Membedakan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qomariyah
1.3. Menerapkan bacaan Al Syamsiyah dan Al Qomariyah dalam surat-surat Al-Qur’an.
|
- Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
- Siswa diskusi
tentang Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
- Siswa mempraktekan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.
|
1. Menjelaskan pengertian Al Syamsiyah
2. Menjelaskan hukum bacaan Al Syamsiyah
3. Menyebutkan huruf Al Syamsiyah
4. Menjelaskan pengertian Al Qomariyah
5. Menjelaskan hukum bacaan Al Qomariyah
6. Menyebutkan huruf Al Qomariyah
7. Membedakan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qomariyah.
8. Menerapkan bacaan Al Syamsiyah dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar
9. Menerapkan bacaan Al Qomariyah . dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar
|
- Ulangan Harian
- Quis
- Ulangan
- Tugas
- Tugas
|
- Tes tulis
-Tanya jawab
Tes tulis
- Tugas
kelompok
- Tugas Kelompok
|
- Jawaban Singkat
- Jawaban Singkat
-Jawaban Singkat
- Performance
-Performance
|
- Jelaskan pengertian Al Syamsiyah !
- Sebutkan huruf syamsiyah.
- Jelaskan pengertian Al Qomariyah
- Bacalah surat an-Naas dan al-Falaq dengan benar
- Bacalah Qs Adh Dhuha
|
3 x Pertemuan
( 6 jam pel )
|
- Buku Tajwid
- Juz ‘Amma
- Buku PAI Kelas VII
|
Standar Kompetensi (Akidah): 2. Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT Melalui Pemahaman Sifat-sifatNya
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
2.1. Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat-Nya
2.2. Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3. Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT
2.4. Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
Iman Kepada Allah SWT
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Iman kepada Allah SWT
- Siswa berdiskusi tentang tanda-tanda adanya Allah melalui pengamatan lingkungan sekitar.
- Siswa berdiskusi tentang sifat-sifat Allah yang terdapatdalam Al-Qur’an
|
1. Menjelaskan pengertian iman kepada Allah SWT.
2. Menjelaskan sifat-sifat wajib dan mustahil bagi Allah SWT.
3. Menunjukkan dan membaca ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah.
4. Membaca dan mengartikan dengan benar ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT.
5. Menunjukkan tanda- tanda adanya Allah SWT.
6. Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ulangan Harian
Tugas
Tugas
Kuis
Tugas
|
- Tes Lisan
- Unjuk Kerja
- Unjuk Kerja
Tanya Jawab
Tugas Individu
|
- Jawaban Singkat
- Menyalin Dalil
- Membaca
- Jawaban Singkat
- Portofolio
|
- Jelaskan pengertian Iman kepada Allah !
- Salinlah ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT !
- Bacalah ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT !
- Buktikan tanda-tanda adanya Allah !
- Buatlah rangkuman tentang cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam pel )
|
Buku PAI Kelas VII
Akidah Islam
Dinul Islam
|
Standar Kompetensi (Akidah) : 3. Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
3.1 Menyebutkan arti ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
3.2. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna
|
Asmaul Husna
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Asmaul Husna
- Siswa membaca dan mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
- Siswa mendiskusikan isi kandungan 10 Asmaul Husna
|
1. Menjelaskan pengertian Asmaul Husna
2. Menyebutkan 10 Asmaul Husna
3. Mengartikan 10 Asmaul Husna
4. Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna.
5. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ulangan Harian
Kuis
Kuis
Tugas
Tugas
|
Tes Lisan
Tanya Jawab
Tanya Jawab
Unjuk Kerja
Tugas Individu
|
Uraian
Jawaban Singkat
Jawaban Singkat
Membaca
Portofolio
|
- Jelaskan pengertian Asmaul Husn
- Sebutkan 10 Asmaul Husna
- Apakah arti Al- Aziz
- Bacalah dalil tentang Asmaul Husna !
- Buatlah contoh kehidupan manusia yang berkaitan dengan Al-Aziz, Al-Hadi
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
|
Buku Asmaul Husna
Buku PAI Kelas VII
|
Standar Kompetensi (Akhlak) : 4. Membiasakan Perilaku Terpuji
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
4.1. Menjelaskan pengertian tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
4.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
4.3. Membiasakan perilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
|
Akhlak Terpuji
|
- Siswa membaca, menelaah uraian tentang tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
- Siswa mendiskusikan tentang tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
- Siswa berperilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
|
1. Menjelaskan sifat-sifat tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar.
2. Menyebutkan dalil naqli tentang sifat-sifat tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar
3. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan sehari-hari
4. Membiasakan perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ulangan Harian
Tugas
Ulangan Harian
Tugas
|
Tes Lisan
Tugas Individu
Tes Tulis
Tugas Individu
|
Uraian
Unjuk Kerja
Uraian
Portofolio
|
- Jelaskan pengertian tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
- Bacalah dalil naqli tentang sifat terpuji !
- Tunjukkan
contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan sehari-hari !
- Buatlah laporan pengamatan tentang sifat
tawadhu’, taat, qonaah dan sabar yang ada di keluargamu
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel
|
Materi Akhlak
Buku PAI Kelas VII
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 5. Memahami Ketentuan-Ketentuan Thoharoh
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
5.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib
5.2. Menjelaskan perbedaan hadats dan najis
|
Thoharoh
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Thoharoh
- Siswa berdiskusi tentang cara menghilangkan hadats dan najis
- Siswa mempraktekkan cara menghilangkan hadats kecil
- Siswa mempraktekkan cara menghilangkan najis
|
1. Menjelaskan pengertian mandi wajib.
2. Menyebutkan syarat dan rukun mandi wajib.
3. Menjelaskan sebab-sebab mandi wajib.
4. Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang hadats dan najis.
5. Menjelaskan cara melakukan mandi wajib
6. Menyebutkan macam-macam hadats dan najis.
7. Menjelaskan cara menghilangkan hadats dan najis
8. Mempraktekkan cara menghilangkan hadats dan najis
|
Ulangan Harian
Tugas
Kuis
Tugas
|
Tes Tulis
Unjuk Kerja
Tanya Jawab
Unjuk kerja
|
Uraian
Membaca
Jawaban Singkat
Praktek
|
- Sebutkan syarat dan rukun mandi wajib !
- Bacalah dalil tentang Thoharoh
- Sebutkan macam-macam hadats dan najis !
- Bagaimana cara menghilangkan najis mutawasitoh.
- Praktekkan cara menghilangkan hadats dan najis !
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
|
Fiqih Sunah
Buku PAI Kelas VII
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 6. Memahami Tata Cara Sholat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
6.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan Sholat wajib.
6.2. Mempraktekkan sholat wajib
|
Sholat
|
- Membaca dan menelaah ketentuan-ketentuan sholat wajib
- Siswa mendiskusikan ketentuan-ketentuan sholat wajib
- Siswa mempraktekkan sholat wajib
|
1. Menjelaskan pengertian sholat wajib.
2. Menyebutkan syarat dan rukun sholat wajib.
3. Mengartikan bacaan-bacaan dalam sholat.
4. Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil yang berkaitan dengan sholat wajib.
5. Menyebutkan hal-hal yang dapat membatalkan sholat.
6. Mempraktekkan sholat wajib.
|
Ulangan Harian
Tugas
Kuis
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Individu
Tanya Jawab
Tugas Individu
|
Uraian
Membaca
Jawaban Singkat
Praktek
|
- Jelaskan pengertian sholat wajib !
- Sebutkan syarat dan rukun Sholat !
- Artikan bacaan sujud
- Bacalah dalil naqli tentang sholat wajib
- Sebutkan hal-hal yang dapat membatalkan sholat
- Praktekkan salah satu shalat fardhu !
|
3 x Pertemuan
( 6 Jam Pel )
|
Fiqih Sunah
Petunjuk Sholat
Buku PAI Kelas VII
|
Standar Kompetensi (Fiqih) : 7. Memahami Tata Cara Sholat Jamaah dan Munfarid
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid
7.2. Mempraktekkan shalat jamaah dan munfarid
|
Shalat jamaah dan munfarid
|
- Siswa membaca dan menelaah ketentuan shalat jamaah dan munfarid
- Siswa berdiskusi tentang ketentuan shalat jamaah dan munfarid
- Siswa mempraktekkan shalat jamaah dan munfarid
|
1. Menjelaskan pengertian sholat jama’ah dan munfarid
2. Menyebutkan ketentuan sholat jama’ah
3. Menunjukkan hadits tentang keutamaan sholat jamaah.
4. Mempraktekkan shalat jamaah dan shalat munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Ulangan Harian
Tugas
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Individu
Tugas kelompok
|
Uraian
Menghafal
Praktek
|
- Jelaskan pengertian sholat jamaah !
- Sebutkan syarat menjadi Imam !
- Hafalkan hadits tentang keutamaan sholat berjamaah !
- Praktekkan sholat dhuhur secara berjamaah !
|
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
|
Fiqih Sunah
Petunjuk Sholat
Buku PAI Kelas VII
|
Standar Kompetensi (Tarikh) : 8. Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis Tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
8.1. Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW
8.2. Menjelaskan misi Nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa
|
Sejarah nabi Muhammad SAW
|
- Siswa membaca dan menelaah sejarah nabi Muhammad SAW
- Siswa mendiskusikan misi Nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa
|
1.Menjelaskan keadaan masyarakat Mekah sebelum kenabian nabi Muhammad SAW
2.Menjelaskan masa kelahiran sampai kenabian nabi Muhammad SAW.
3.Menjelaskan penyiaran Islam sebelum Hijrah
1. Menjelaskan penyiaran Islam sesudah Hijrah
2. Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa
|
Ulangan Harian
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas kelompok
|
Uraian
Portofolio
|
- Jelaskan secara singkat keadaan kota Mekah sebelum Nabi lahir !
- Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran Nabi Muahmmad SAW
- Sebutkan siapa orang yang termasuk ”Assabiqunal Awwalun”!
- Diskusikan dengan kelompokmu tentang misi nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa, kemudian laporkan hasil diskusimu !
|
1 x Pertemuan
( 2 Jam Pel )
|
--Sejarah Islam
--Sejarah dan Kebudayaan Islam
--Buku PAI Kelas VII
|
PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER : VII / GENAP
STANDAR KOMPETENSI (AL-QUR’AN) : 9. Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati / Tanwin Dan Mim Mati.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pkok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
9.1.Menjelaskan hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mati.
9.2.Membedakan hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mati.
9.3. Menerapkan hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mat dalam bacaan surat-surat Al Qur’an.
|
Hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mati
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang hukum bacaan nun mati / Tanwin dan mim mati
- Siswa mendiskusikan
materi tentang hukum bacaan nun mati / Tanwin dan mim mati
- Siswa mempraktekkan
materi tentang hukum bacaan nun mati / Tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
1. Menjelaskan hukum bacaan Nun mati/tanwin bila bertemu dengan huruf
- Idhar.
- Idghom bi ghunnah
- Idghom bila ghunnah
- Iqlab
- Ihfak.
2. Membuat contoh kalimat yang mengandung bacaan
- Idhar.
- Idghom bi ghunnah
- Idghom bilaghunah
- Iqlab
- Ihfak
3. Menjelaskan hukum bacaan Mim mati bila bertemu dengan huruf
- Mim ( Idghom mimi ).
- Bak ( Ikhfak safawi )
- Selain huruf Mim dan Bak ( Idhar safawi )
4. Membuat contoh kalimat yang mengandung bacaan
- Mim ( Idghom mimi
- Bak ( Ikhfak safawi
- Selain huruf Mim dan Bak ( Idhar safawi
5. Membedakan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati .
6. Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Ulangan
Kuis
Tugas
|
Tes Tulis
Tanya Jawab
Tugas Individu
|
Uraian
Jawaban Singkat
Praktek
|
- Jelaskan hukum bacaan nun mati apabila bertemu dengan huruf Idhar
- Buatlah contoh bacaan Idhar dan Idghom !
- Jelaskan hukum bacaan mim mati apabila bertemu dengan huruf Mim !
Buatlah contoh bacaan Ikhfa’ Syafawi!
Tunjukkan perbedaan antara Idghom Mimi dengan Idghom Bighunnah
Praktekkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati dalam surat ad-Duha !
|
3 x Pertemuan
(6 jam Pelajaran)
|
-Juz Amma
-Ilmu Tajwid
-Buku PAI Kelas VII
|
STANDAR KOMPETENSI (AQIDAH) : 10. Meningkatkan Keimanan Kepada Malaikat.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pkok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
10.1.Menjelaskan arti beriman arti beriman kepada Malaikat.
10.2.Menjelaskan tugas – tugas Malaikat
|
Beriman kepada Malaikat.
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Iman kepada Malaikat
- Siswa mendiskusikan materi tentang Iman kepada Malaikat
|
1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat .
2. Menyebutkan nama-nama Malaikat yang wajib di imani.
3. Menyebutkan sifat-sifat Malaikat.
4. Membedakan Malaikat dengan makhluq ghoib lainnya
5. Menunjukan dalil naqli tentang beriman kepada Malaikat.
6. Menjelaskan tugas-tugas Malaikat.
7. Menjelaskan hikmah beriman kepada Malaikat.
|
Ulangan
Tugas
Kuis
Ulangan
|
Tes Tulis
Tugas Individu
Tanya Jawab
Tes Tulis
|
Uraian
Membaca
Jawaban Singkat
Uraian
|
- Jelaskan pengertian iman kepada Malaikat !
- Sebutkan nama malaikat yang wajib di imani !
- Sebutkan sifat-sifat Malaikat !
- Jelaskan perbedaan antara Malaikat, Jin dan Syetan !
- Bacalah dalil naqli tentang iman kepada Malaikat !
- Jelaskan tugas malaikat Jibril !
- Jelaskan hikmah beriman kepada Malaikat !
|
2 X Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
|
Aqidah Islam
Dinul Islam
Buku PAI Kelas VII
|
STANDAR KOMPETENSI (AHLAQ : 11. Membiasakan Perilaku Terpuji .
Kompetensi Dasar
|
Materi Pkok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
11.1.Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti
11.2. Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti
11.3. Membiasakan
perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti
|
Akhlak Terpuji
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Siswa mendisusikan materi tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti
- Menerapkan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti
|
1. Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
2. Menunjukan, membaca dan mengartikan dalil tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti.
3. Menjelaskan manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
5. Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
|
Ulangan
Tugas
Tugas
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Individu
Tugas Kelompok
Tugas Individu
|
Uraian
Membaca
Portofolio
Unjuk Kerja
|
- Jelaskan Pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti !
- Bacalah dalil tentang
- kerja keras, tekun, ulet dan teliti !
- Buatlah laporan tentang manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari !
- Tunjukkan semangat kerja keras kamu dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan !
|
3 X Pertemuan
(6 Jam Pelajaran)
|
Materi Akhlak
Buku PAI Kelas VII
|
STANDAR KOMPETENSI (FIQIH) : 12. Memahami Tata Cara Sholat Jum’at.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pkok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
12.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat Jum’at
12.2. Mempraktekkan sholat Jum’at
|
Sholat Jum’at
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Sholat Jum’at
- Siswa mendisusikan materi tentang Sholat Jum’at
- Siswa mempraktekkan sholat Jum’at
|
1. Menjelaskan pengertian, hukum, syarat wajib, syarat sah mendidrikan sholat jum’at.
2. Menjelaskan ketentuan khutbah jum’at
3. Menjelaskan sunnah-sunnah sholat jum’at.
4. Menyebutkan hal-hal yang menghalangi sholat jum’at.
5. Menunjukkan dalil naqli tentang sholat Jum’at
6. Menjelaskan hikmah sholat jum’at.
7. Mempraktekkan sholat Jum’at .
|
Ulangan
Tugas
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Individu
Tugas Individu
|
Uraian
Unjuk kerja
Unjuk kerja
|
- Jelaskan syarat-syarat sholat Jum’at !
- Sebutkan rukun khutbah
- Sebutkan sunah sholat Jum’at
- Sebutkan hal-hal yang menghalangi sholat Jum’at
- Bacalah dalil naqli tentang
sholat Jum’at
- Jelaskan hikmah sholat Jum’at
- Praktekkan sholat Jum’at !
|
3 X Pertemuan
(6 Jam Pelajaran)
|
Tuntunan Shalat Lengkap
Buku PAI Kelas VII
|
STANDAR KOMPETENSI (FIQIH) : 13. Memahami Tata Cara Sholat Jamak Dan Qosor.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pkok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
13.1. Menjelaskan Sholat Jama’ dan Qashar
13.2. Mempraktekan sholat Jama’ dan Qashar
|
Shalat jama’ dan Qashar
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Sholat Jama’ dan Qashar
- Siswa mendisusikan materi tentang Sholat Jama’ dan qashar
- Siswa mempraktekkan sholat jama’ dan qashar
|
1. Menjelaskan pengetian sholat jamak dan qosor serta sebab-sebabnya .
2. Membaca dan mengartikan dalil naqli tentang sholat jamak dan qosor .
3. Menjelaskan jenis sholat yang boleh di jamak dan di qosor.
4. Menjelaskan sholat jamak takdim dan jamak ta’khir .
5. Mempraktikkan sholat Jamak dan qosor .
6. Mempraktikan sholat jamak takdim dan jamak ta’khir.
|
Ulangan
Tugas
Kuis
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Individu
Tanya Jawab
Tugas Individu
|
Uraian
Unjuk Kerja
Jawaban singkat
Praktek
|
- Jelaskan pengertian sholat Jama’ dan Qashar !
- Bacalah dalil naqli tentang sholat jama’ dan qashar !
- Sebutkan shalat yang boleh di Jama’ dan di Qashar
- Jelaskan pengertian Jama’ taqdim dan Ta’khir
- Praktekkan sholat jama’ dan qashar !
- Praktikkan sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir
|
3 x Pertemuan
(6 Jam Pelajaran)
|
Tuntunan Shalat Lengkap
Buku PAI Kelas VII
|
STANDAR KOMPETENSI (TARIH) : 14. Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pkok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Bahan
| |||
Jenis tagihan
|
Tehnik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
| ||||||
14.1.Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
14.2. Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat
14.3. Meneladani perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
|
Sejarah Nabi Muhammad SAW
|
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang sejarah Nabi Muhammad SAW
- Siswa mendisusikan materi tentang sejarah Nabi Muhammad SAW
- Siswa mengambil manfaat dari pelajaran sejarah nabi Muhammad SAW
|
1. Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat
2. Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
3. Meneladani perjuangan nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah .
|
Ulangan
Tugas
|
Tes Tulis
Tugas Kelompok
|
Uraian
Portofolio
|
- Jelaskan perjuangan nabi Muhammad SAW untuk membangun manusia yang mulia !
- Tunjukkan dalil tentang tugas nabi Muhammad SAW !
- Diskusikan dengan kelompokmu tentang model dakwah nabi dalam menghadapi masyarakat Makkah !
|
3 x Pertemuan
(6 jam Pelajaran)
|
Sejarah Kebudayan Islam
Buku PAI Kelas VII
|
Komentar
Posting Komentar