Silabus Kelas 7

PENGEMBANGAN SILABUS DAN SITEM PENILAIAN

MATA PELAJARAN                                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER                                   : VII / GANJIL

STANDAR KOMPETENSI (AL-QUR’AN)      : 1. Menerapkan Hukum Bacaan ”Al” Syamsiyah Dan ”Al” Qomariyah.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.1.  Menjelaskan Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al” Qomariyah.







1.2.  Membedakan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qomariyah

1.3.  Menerapkan bacaan Al Syamsiyah dan Al Qomariyah dalam surat-surat Al-Qur’an.
-  Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan               ”Al” Qomariyah.

-   Siswa membaca dan menelaah materi tentang Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan                              ”Al” Qomariyah.
-                       Siswa diskusi
  tentang Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan                              ”Al” Qomariyah.
- Siswa mempraktekan  Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan                              ”Al” Qomariyah.

1. Menjelaskan   pengertian  Al Syamsiyah
2. Menjelaskan hukum bacaan Al Syamsiyah
3. Menyebutkan huruf Al Syamsiyah
4. Menjelaskan pengertian Al Qomariyah
5. Menjelaskan hukum bacaan Al Qomariyah
6. Menyebutkan huruf Al Qomariyah
7. Membedakan hukum bacaan Al Syamsiyah dan  Al Qomariyah.
8. Menerapkan bacaan Al Syamsiyah dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar
9. Menerapkan bacaan Al Qomariyah . dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar
- Ulangan   Harian


- Quis

- Ulangan







- Tugas


 - Tugas
- Tes tulis



-Tanya jawab
Tes tulis







-  Tugas
kelompok


-        Tugas  Kelompok
- Jawaban Singkat


- Jawaban Singkat
-Jawaban   Singkat






- Performance


-Performance
- Jelaskan pengertian Al Syamsiyah !


- Sebutkan huruf syamsiyah.
- Jelaskan pengertian Al Qomariyah






- Bacalah surat an-Naas dan al-Falaq dengan benar
- Bacalah Qs Adh  Dhuha
3 x Pertemuan
( 6 jam pel )
-   Buku  Tajwid
-   Juz ‘Amma
-  Buku PAI Kelas VII

Standar Kompetensi (Akidah): 2. Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT Melalui Pemahaman Sifat-sifatNya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
2.1.  Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat-Nya






2.2.  Menyebutkan arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT

2.3.  Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah SWT

2.4.  Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
Iman Kepada Allah SWT
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Iman kepada Allah SWT

- Siswa berdiskusi tentang tanda-tanda adanya Allah melalui pengamatan lingkungan sekitar.

- Siswa berdiskusi tentang sifat-sifat Allah yang terdapatdalam Al-Qur’an
1. Menjelaskan pengertian iman kepada Allah SWT.
2. Menjelaskan sifat-sifat wajib dan mustahil bagi Allah SWT.
3. Menunjukkan dan membaca ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah.

4. Membaca dan mengartikan dengan benar ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT.

5. Menunjukkan tanda- tanda adanya Allah SWT.


6.   Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT, dalam kehidupan sehari-hari.
Ulangan Harian




Tugas





Tugas







Kuis


Tugas

- Tes Lisan





- Unjuk Kerja




- Unjuk Kerja






Tanya Jawab

Tugas Individu
-     Jawaban Singkat




-       Menyalin Dalil




-                       Membaca







-   Jawaban Singkat

-   Portofolio
- Jelaskan pengertian Iman kepada Allah !




- Salinlah ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT !

- Bacalah ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT !



- Buktikan tanda-tanda adanya Allah !

- Buatlah rangkuman tentang cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah dalam kehidupan sehari-hari
2 x Pertemuan
( 4 Jam pel )
Buku PAI Kelas VII

Akidah Islam

Dinul Islam
Standar Kompetensi (Akidah) : 3. Memahami Asmaul Husna

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
3.1 Menyebutkan arti ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.












3.2. Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna
Asmaul Husna
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Asmaul Husna

- Siswa membaca dan mengartikan ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna

- Siswa mendiskusikan isi kandungan 10 Asmaul Husna
1.   Menjelaskan pengertian Asmaul Husna

2.   Menyebutkan 10 Asmaul Husna

3.   Mengartikan 10 Asmaul Husna


4.   Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan Asmaul Husna.


5.   Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.
Ulangan Harian

Kuis


Kuis



Tugas






Tugas
Tes Lisan


Tanya Jawab

Tanya Jawab


Unjuk Kerja






Tugas Individu
Uraian


Jawaban Singkat

Jawaban Singkat


Membaca






Portofolio
-    Jelaskan pengertian Asmaul Husn
-    Sebutkan 10 Asmaul Husna

-    Apakah arti Al- Aziz


-    Bacalah dalil tentang Asmaul Husna !




-    Buatlah contoh kehidupan manusia yang berkaitan dengan Al-Aziz, Al-Hadi

2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel )
Buku Asmaul Husna

Buku PAI Kelas VII


Standar Kompetensi (Akhlak) : 4. Membiasakan Perilaku Terpuji

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
4.1. Menjelaskan pengertian tawadhu’, taat, qonaah dan sabar





4.2. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar



4.3. Membiasakan perilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar





Akhlak Terpuji
- Siswa membaca, menelaah uraian tentang tawadhu’, taat, qonaah dan sabar

- Siswa mendiskusikan tentang tawadhu’, taat, qonaah dan sabar

- Siswa berperilaku tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
1. Menjelaskan sifat-sifat tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar.

2. Menyebutkan dalil naqli tentang sifat-sifat tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar

3. Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan sehari-hari



4. Membiasakan perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan sehari-hari.
Ulangan Harian


Tugas




Ulangan Harian






Tugas



Tes Lisan



Tugas Individu



Tes Tulis







Tugas Individu
Uraian



Unjuk Kerja




Uraian







Portofolio

-   Jelaskan pengertian tawadhu’, taat, qonaah dan sabar
-   Bacalah dalil naqli tentang sifat terpuji !


-   Tunjukkan
contoh-contoh perilaku tawadhu’, taat, qana’ah, dan sabar dalam kehidupan sehari-hari !

-   Buatlah laporan pengamatan tentang sifat
tawadhu’, taat, qonaah dan sabar yang ada di keluargamu
2 x Pertemuan
( 4 Jam Pel
Materi Akhlak

Buku PAI Kelas VII
Standar Kompetensi (Fiqih) : 5. Memahami Ketentuan-Ketentuan Thoharoh

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
5.1.  Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib

















5.2.  Menjelaskan perbedaan hadats dan najis
Thoharoh
-       Siswa membaca   dan menelaah materi tentang Thoharoh
-       Siswa berdiskusi tentang cara menghilangkan hadats dan najis
-       Siswa mempraktekkan cara menghilangkan hadats kecil
-       Siswa mempraktekkan cara menghilangkan najis
1. Menjelaskan pengertian mandi wajib.
2. Menyebutkan syarat dan rukun mandi wajib.
3. Menjelaskan sebab-sebab mandi wajib.
4. Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil naqli tentang hadats dan najis.
5. Menjelaskan cara melakukan mandi wajib
6. Menyebutkan macam-macam hadats dan najis.

7. Menjelaskan cara menghilangkan hadats dan najis

8. Mempraktekkan cara menghilangkan hadats dan najis
Ulangan Harian



Tugas











Kuis



Tugas
Tes Tulis




Unjuk Kerja










Tanya Jawab


Unjuk kerja
Uraian




Membaca











Jawaban Singkat


Praktek
-       Sebutkan syarat dan rukun mandi wajib !


-       Bacalah dalil tentang Thoharoh










-       Sebutkan macam-macam hadats dan najis !

-       Bagaimana cara menghilangkan najis mutawasitoh.
-       Praktekkan cara menghilangkan hadats dan najis !

2 x Pertemuan
( 4  Jam Pel )
Fiqih Sunah

Buku PAI Kelas VII

Standar Kompetensi (Fiqih)                      : 6. Memahami Tata Cara Sholat.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
6.1.  Menjelaskan ketentuan-ketentuan Sholat wajib.



















6.2.  Mempraktekkan sholat wajib
Sholat
- Membaca dan menelaah ketentuan-ketentuan sholat wajib

- Siswa mendiskusikan ketentuan-ketentuan sholat wajib












- Siswa mempraktekkan sholat wajib
1. Menjelaskan pengertian sholat wajib.

2. Menyebutkan syarat dan rukun sholat wajib.

3. Mengartikan bacaan-bacaan dalam sholat.

4. Menunjukkan, membaca, mengartikan dan menghafal dalil yang berkaitan dengan sholat wajib.

5. Menyebutkan hal-hal yang dapat membatalkan sholat.


6. Mempraktekkan sholat wajib.
Ulangan Harian









Tugas






Kuis




Tugas
Tes Tulis










Tugas Individu





Tanya Jawab



Tugas Individu
Uraian










Membaca






Jawaban Singkat



Praktek
-     Jelaskan pengertian sholat wajib !

-     Sebutkan syarat dan rukun Sholat !


-     Artikan bacaan sujud

-     Bacalah dalil naqli tentang sholat wajib




-     Sebutkan hal-hal yang dapat membatalkan sholat

-     Praktekkan salah satu shalat fardhu !
3 x Pertemuan
( 6 Jam Pel )
Fiqih Sunah

Petunjuk Sholat

Buku PAI Kelas VII

Standar Kompetensi (Fiqih) : 7. Memahami Tata Cara Sholat Jamaah dan Munfarid

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jamaah dan munfarid










7.2. Mempraktekkan shalat jamaah dan munfarid
Shalat jamaah dan munfarid
-  Siswa membaca dan menelaah ketentuan shalat jamaah dan munfarid

- Siswa berdiskusi tentang ketentuan shalat jamaah dan munfarid

- Siswa mempraktekkan shalat jamaah dan munfarid
1. Menjelaskan pengertian sholat jama’ah dan munfarid

2. Menyebutkan ketentuan sholat jama’ah

3. Menunjukkan hadits tentang keutamaan sholat jamaah.



4. Mempraktekkan shalat jamaah dan shalat munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
Ulangan Harian






Tugas





Tugas

Tes Tulis







Tugas Individu




Tugas kelompok
Uraian







Menghafal





Praktek
-      Jelaskan pengertian sholat jamaah !

-      Sebutkan syarat menjadi Imam !


-      Hafalkan hadits tentang keutamaan sholat berjamaah !

-      Praktekkan sholat dhuhur secara berjamaah !



2 x Pertemuan
( 4  Jam Pel )
Fiqih Sunah

Petunjuk Sholat

Buku PAI Kelas VII

Standar Kompetensi (Tarikh) : 8. Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis Tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
8.1.  Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad SAW














8.2.  Menjelaskan misi Nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa
Sejarah nabi Muhammad SAW
-  Siswa membaca dan menelaah sejarah nabi Muhammad SAW




-  Siswa mendiskusikan misi Nabi Muhammad untuk semua manusia dan bangsa
1.Menjelaskan keadaan masyarakat Mekah sebelum kenabian nabi Muhammad SAW

2.Menjelaskan masa kelahiran sampai kenabian nabi Muhammad SAW.

3.Menjelaskan penyiaran Islam sebelum Hijrah
1.  Menjelaskan penyiaran Islam sesudah Hijrah

2.  Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa
Ulangan Harian
















Tugas
Tes Tulis

















Tugas kelompok
Uraian

















Portofolio
-  Jelaskan secara singkat keadaan kota Mekah sebelum Nabi lahir !

-  Jelaskan secara singkat sejarah kelahiran Nabi Muahmmad SAW

-  Sebutkan siapa orang yang termasuk ”Assabiqunal Awwalun”!

-  Diskusikan dengan kelompokmu tentang misi nabi Muhammad SAW untuk semua manusia dan bangsa, kemudian laporkan hasil diskusimu !
1 x Pertemuan
( 2  Jam Pel )
--Sejarah Islam

--Sejarah dan Kebudayaan  Islam

--Buku PAI Kelas VII

PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN

MATA PELAJARAN                                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KELAS / SEMESTER                                    : VII / GENAP

STANDAR KOMPETENSI (AL-QUR’AN)      : 9. Menerapkan Hukum Bacaan Nun Mati / Tanwin Dan Mim Mati.
Kompetensi  Dasar
Materi    Pkok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1.Menjelaskan hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mati.






























9.2.Membedakan hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mati.

9.3. Menerapkan hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mat dalam bacaan surat-surat Al Qur’an.
Hukum baca Nun mati /Tanwin dan Mim mati
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang hukum bacaan nun mati / Tanwin dan mim mati

- Siswa mendiskusikan
materi tentang hukum bacaan nun mati / Tanwin dan mim mati

- Siswa mempraktekkan
materi tentang hukum bacaan nun mati / Tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an

1. Menjelaskan hukum bacaan Nun mati/tanwin bila bertemu dengan huruf
- Idhar.
- Idghom  bi ghunnah
- Idghom bila ghunnah
- Iqlab
- Ihfak.

2. Membuat contoh kalimat yang mengandung bacaan
- Idhar.
- Idghom  bi ghunnah
- Idghom bilaghunah
- Iqlab
- Ihfak

3. Menjelaskan hukum bacaan  Mim mati  bila bertemu dengan huruf
- Mim ( Idghom mimi ).
- Bak   ( Ikhfak safawi )
- Selain  huruf Mim dan Bak ( Idhar safawi )

4. Membuat contoh kalimat yang       mengandung  bacaan                      
- Mim ( Idghom mimi
- Bak   ( Ikhfak safawi
- Selain  huruf Mim dan  Bak ( Idhar safawi

5. Membedakan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati .



6. Menerapkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Ulangan


































Kuis





Tugas
Tes Tulis


































Tanya Jawab




Tugas Individu

Uraian


































Jawaban Singkat




Praktek



-  Jelaskan hukum bacaan nun mati apabila bertemu dengan huruf Idhar





-  Buatlah contoh bacaan Idhar dan Idghom !






-  Jelaskan hukum bacaan mim mati apabila bertemu dengan huruf Mim !



Buatlah contoh bacaan Ikhfa’ Syafawi!





Tunjukkan perbedaan antara Idghom Mimi dengan Idghom Bighunnah

Praktekkan hukum bacaan nun mati / tanwin dan mim mati dalam surat ad-Duha !
3 x Pertemuan
(6 jam Pelajaran)
-Juz Amma

-Ilmu Tajwid

-Buku PAI Kelas VII


STANDAR KOMPETENSI (AQIDAH)            : 10. Meningkatkan Keimanan Kepada Malaikat.

Kompetensi  Dasar
Materi    Pkok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
10.1.Menjelaskan arti beriman arti beriman kepada Malaikat.















10.2.Menjelaskan tugas – tugas Malaikat
Beriman kepada Malaikat.
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Iman kepada Malaikat

- Siswa mendiskusikan materi tentang Iman kepada Malaikat




1. Menjelaskan pengertian beriman kepada Malaikat .

2. Menyebutkan nama-nama Malaikat yang wajib di imani.

3. Menyebutkan sifat-sifat Malaikat.

4. Membedakan Malaikat dengan makhluq ghoib lainnya

5. Menunjukan dalil naqli tentang beriman kepada Malaikat.

6. Menjelaskan tugas-tugas Malaikat.

7. Menjelaskan hikmah beriman kepada Malaikat.
Ulangan

















Tugas




Kuis


Ulangan
Tes Tulis

















Tugas Individu



Tanya Jawab

Tes Tulis
Uraian

















Membaca




Jawaban Singkat

Uraian
-  Jelaskan pengertian iman kepada Malaikat !


-  Sebutkan nama malaikat yang wajib di imani !

-  Sebutkan sifat-sifat Malaikat !

-  Jelaskan perbedaan antara Malaikat, Jin dan Syetan !

-  Bacalah dalil naqli tentang iman kepada Malaikat !

-  Jelaskan tugas malaikat Jibril !

-  Jelaskan hikmah beriman kepada Malaikat !
2 X Pertemuan (4 Jam Pelajaran)
Aqidah Islam

Dinul Islam

Buku PAI Kelas VII

STANDAR KOMPETENSI (AHLAQ                 : 11. Membiasakan Perilaku Terpuji .

Kompetensi  Dasar
Materi    Pkok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1.Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti











11.2. Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti

11.3. Membiasakan
perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti

Akhlak Terpuji

- Siswa membaca dan menelaah materi tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti

- Siswa mendisusikan materi tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti

- Menerapkan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti

1. Menjelaskan pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti .

2. Menunjukan, membaca dan mengartikan dalil tentang kerja keras, tekun, ulet dan teliti.

3. Menjelaskan  manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti .


5. Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti .
Ulangan




Tugas





Tugas









Tugas
Tes Tulis




Tugas Individu




Tugas Kelompok








Tugas Individu
Uraian




Membaca





Portofolio









Unjuk Kerja
-     Jelaskan Pengertian kerja keras, tekun, ulet dan teliti !

-     Bacalah dalil tentang
-     kerja keras, tekun, ulet dan teliti !

-     Buatlah laporan tentang manfaat kerja keras, tekun, ulet dan teliti dalam kehidupan sehari-hari !



-     Tunjukkan semangat kerja keras kamu dalam setiap pekerjaan yang kamu lakukan !
3 X Pertemuan
(6 Jam Pelajaran)
Materi Akhlak

Buku PAI Kelas VII

STANDAR KOMPETENSI (FIQIH)      : 12. Memahami Tata Cara Sholat Jum’at.

Kompetensi  Dasar
Materi    Pkok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1. Menjelaskan ketentuan-ketentuan sholat Jum’at




















12.2. Mempraktekkan sholat Jum’at
Sholat Jum’at
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Sholat Jum’at

- Siswa mendisusikan materi tentang Sholat Jum’at

- Siswa mempraktekkan sholat Jum’at

1.    Menjelaskan pengertian, hukum, syarat wajib, syarat sah  mendidrikan sholat jum’at.

2.    Menjelaskan ketentuan khutbah jum’at

3.    Menjelaskan sunnah-sunnah sholat jum’at.

4.    Menyebutkan hal-hal yang menghalangi  sholat jum’at.




5.    Menunjukkan dalil naqli tentang sholat Jum’at


6.    Menjelaskan hikmah sholat jum’at.


7.    Mempraktekkan sholat Jum’at .
Ulangan

















Tugas







Tugas
Tes Tulis
















Tugas Individu






Tugas Individu
Uraian

















Unjuk kerja







Unjuk kerja
-    Jelaskan syarat-syarat sholat Jum’at !


-    Sebutkan rukun khutbah

-    Sebutkan sunah sholat Jum’at
-    Sebutkan hal-hal yang menghalangi sholat Jum’at



-    Bacalah dalil naqli tentang
    sholat Jum’at

-    Jelaskan hikmah sholat Jum’at

-    Praktekkan sholat Jum’at !


3 X Pertemuan
(6 Jam Pelajaran)
Tuntunan Shalat Lengkap

Buku PAI Kelas VII
STANDAR KOMPETENSI (FIQIH)                : 13. Memahami Tata Cara Sholat Jamak Dan Qosor.

Kompetensi  Dasar
Materi    Pkok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
13.1.  Menjelaskan Sholat Jama’ dan Qashar

















13.2. Mempraktekan sholat Jama’ dan Qashar
Shalat jama’ dan Qashar
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang Sholat Jama’ dan Qashar

- Siswa mendisusikan materi tentang Sholat Jama’ dan qashar

- Siswa mempraktekkan sholat jama’ dan qashar
1. Menjelaskan pengetian sholat jamak dan qosor serta  sebab-sebabnya .

2. Membaca dan mengartikan dalil naqli  tentang sholat jamak dan qosor .

3. Menjelaskan  jenis sholat yang boleh di jamak dan di qosor.


4. Menjelaskan sholat jamak takdim dan jamak ta’khir .


5. Mempraktikkan sholat Jamak dan qosor .

6. Mempraktikan sholat jamak takdim dan jamak ta’khir.
Ulangan




Tugas




Kuis









Tugas
Tes Tulis




Tugas Individu



Tanya Jawab








Tugas Individu





Uraian




Unjuk Kerja




Jawaban singkat








Praktek
- Jelaskan pengertian sholat Jama’ dan Qashar !

- Bacalah dalil naqli tentang sholat jama’ dan qashar !

- Sebutkan shalat yang boleh di Jama’ dan di Qashar

- Jelaskan pengertian Jama’ taqdim dan Ta’khir

- Praktekkan sholat jama’ dan qashar !

- Praktikkan sholat Jam’ taqdim dan Ta’khir
3 x Pertemuan
(6 Jam Pelajaran)
Tuntunan Shalat Lengkap

Buku PAI Kelas VII

STANDAR KOMPETENSI (TARIH)               : 14. Memahami Sejarah Nabi Muhammad SAW.

Kompetensi  Dasar
Materi    Pkok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Bahan
Jenis tagihan
Tehnik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
14.1.Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat

14.2. Menjelaskan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat

14.3. Meneladani perjuangan Nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
Sejarah Nabi Muhammad SAW
- Siswa membaca dan menelaah materi tentang sejarah Nabi Muhammad SAW

- Siswa mendisusikan materi tentang sejarah Nabi Muhammad SAW

- Siswa mengambil manfaat dari pelajaran sejarah nabi Muhammad SAW
1. Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat



2. Menjelaskan misi nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta pembawa kedamaian, kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

 3. Meneladani perjuangan nabi dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekah .
Ulangan

















Tugas

Tes Tulis

















Tugas Kelompok
Uraian

















Portofolio
-  Jelaskan perjuangan nabi Muhammad SAW untuk membangun manusia yang mulia !

-  Tunjukkan dalil tentang tugas nabi Muhammad SAW !




-  Diskusikan dengan kelompokmu tentang model dakwah nabi dalam menghadapi masyarakat Makkah !

3 x Pertemuan
(6 jam Pelajaran)
Sejarah Kebudayan Islam

Buku PAI Kelas VII
























Komentar